HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI IMPLANT PROGESTERONE DENGAN SKOR OSDI (Studi Observasional Pada Akseptor KB Hormonal Implant di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan)

Ulum, Moh. Iqbalul (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI IMPLANT PROGESTERONE DENGAN SKOR OSDI (Studi Observasional Pada Akseptor KB Hormonal Implant di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800106_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penyakit mata kering merupakan suatu gangguan dari tear film dengan gejala gatal pada area mata, adanya sensasi tergores atau berpasir (benda asing), dan gangguan visual. Prevalensi penyakit mata kering di seluruh dunia mencapai 7,8%-33,7%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan kontrasepsi implant progesterone dengan skor OSDI pada akseptor KB hormonal implant di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini yaitu wanita berusia 40-45 tahun berjumlah 89 responden terdiri dari 48 responden pengguna kontrasepsi implant dan 41 responden pengguna kontrasepsi non hormonal yang didapat dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner Ocular Surface Disease Index (OSDI) dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Dalam penelitian ini menunjukan kelompok wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal implant terdapat 11 responden (22,9%) yang mengalami mata kering dan 37 responden (77,1%) memiliki mata normal. Kelompok wanita yang menggunakan kontrasepsi non hormonal terdapat 5 responden (12,2%) yang mengalami mata kering dan 36 responden (87,8%) memiliki mata normal. Analisis hubungan variabel diperoleh P value 0,189 (P>0,05) yaitu tidak terdapat hubungan penggunaan kontrasepsi implant progesterone dengan skor OSDI. Hasil dari penelitian ini secara statistik tidak terdapat hubungan penggunaan kontrasepsi implant progesterone dengan skor OSDI di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Kata kunci: Kontrasepsi implant, progesterone, mata kering, OSDI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:43
Last Modified: 03 Apr 2024 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25499

Actions (login required)

View Item View Item