HUBUNGAN OBESITAS YANG MENGALAMI HIPERTENSI DENGAN KEJADIAN STROKE ISKEMIK (Studi Observasional Analitik di RSI Sultan Agung Semarang periode Agustus – Oktober 2021)

Fridayana, Laytsa Rizky (2021) HUBUNGAN OBESITAS YANG MENGALAMI HIPERTENSI DENGAN KEJADIAN STROKE ISKEMIK (Studi Observasional Analitik di RSI Sultan Agung Semarang periode Agustus – Oktober 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800094_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Stroke telah diketahui sebagai penyebab terbanyak kasus kematian kedua dan disabilitas ketiga di seluruh dunia, ditemukan 70% kejadian di negara-negara berkembang. Secara umum, kejadian stroke iskemik lebih tinggi yaitu 87% kasus, dibandingan 13% kasus pada stroke hemoragik. Tingginya kejadian stroke iskemik ini dipengaruhi oleh faktor obesitas dan hipertensi. Pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan tekanan darah penting untuk dilakukan secara rutin, sehingga risiko kejadian stroke iskemik dapat dicegah lebih dini. Namun, kasus stroke iskemik di pelayanan kesehatan masih banyak terjadi. Pelaksanaan penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis hubungan obesitas yang mengalami hipertensi dengan kejadian stroke iskemik di RSI Sultan Agung Semarang. Desain penelitian ini menggunakan studi observasional analitik dengan rancangan cross-sectional diambil dari pasien stroke iskemik di poli saraf dan bangsal rawat inap RSI Sultan Agung Semarang secara consecutive sampling dan didapatkan 81 sampel. Instrumen penelitian adalah timbangan badan dan pengukur tinggi badan manual merk GEA SIMC ZT-120, Sphygmomanometer digital merk ABN NISSEI DM-3000, dan data rekam medis. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square dan koefisien kontingensi. Hasil analisis deskriptif cross tabulation didapatkan 56 pasien stroke iskemik dengan 43 pasien (53,1%) diantaranya mengalami obesitas disertai hipertensi, pada uji Chi-Square didapatkan p-value = 0,000 dan koefisien kontingensi r= 0,366. Adanya hubungan signifikan antara obesitas yang mengalami hipertensi dengan kejadian stroke iskemik di RSI Sultan Agung Semarang. Kata Kunci : obesitas, hipertensi, stroke iskemik, indeks massa tubuh, tekanan darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:17
Last Modified: 03 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item