PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK DAUN SEMBUKAN (Paederia Fortida L) DAN DAUN ZAITUN TERHADAP VOLUME EDEMA TELAPAK KAKI (Studi Penelitian Eksperimental pada Tikus Putih Jantan (Rattusnorvegicus) Galur Wistar yang di Induksi Inflamasi)

Aji, Lala Anggraita Permata (2022) PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK DAUN SEMBUKAN (Paederia Fortida L) DAN DAUN ZAITUN TERHADAP VOLUME EDEMA TELAPAK KAKI (Studi Penelitian Eksperimental pada Tikus Putih Jantan (Rattusnorvegicus) Galur Wistar yang di Induksi Inflamasi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800093_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Inflamasi merupakan perlindungan tubuh melawan pathogen ditandai dengan migrasi leukosit ke jaringan akibat kerusakan vaskuler dan peningkatan permeabilitas kapiler. Morbiditas penyakit akibat reaksi inflamasi dalam tubuh cukup tinggi. Ekstrak daun sembukan ditemukan memiliki dampak anti-inflamasi yang substansial dalam menurunkan volume edema bila dibandingkan dengan obat anti inflamasi pada dosis 50mg/200gBB, sedangkan ekstrak dari daun zaitun (Olea europaea L) dosis 300 mg/kgBB dapat menurunkan volume kasus edema pada fase akut karena efek anti-inflamasi yang dimilikinya. Ekstrak tunggal dari daun tempuyung dan salam lebih menguntungkan daripada kombinasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kombinasi ekstrak daun sembukan dan daun zaitun berpengaruh terhadap volume edema pada tapak kaki tikus putih yang diinduksi inflamasi. Penelitian eksperimental dengan model rancangan “randomized control group pre-posttest design”, dengan 25 tikus dirandomisasi menjadi 5 kelompok. Kelompok kontrol negatif (K1), kelompok kontrol positif (K2), kelompok ekstrak daun sembukan 50mg/200grBB (K3), kelompok ekstrak daun zaitun 300mg/200grBB (K4), kelompok kombinasi ekstrak daun sembukan 20 mg per 200 grBB + ekstrak daun zaitun 300 mg per 200 grBB (K5). Induksi menggunakan karagenan dan dilakukan pengukuran volume edema pada jam ke- 3, jam ke 5, dan jam ke-6. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari hasil Mann whiteney, sehingga dapat disimpulkan bahwa K5 lebih menguntungkan untuk mengurangi volume edema tapak kaki tikus putih yang di induksi inflamasi daripada K1 dan K2 yang diberikan Na Diklofenak. Kata kunci: Volume Edema, Ekstrak daun sembukan, Ekstrak daun Zaitun, antiinflamasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:17
Last Modified: 02 Apr 2024 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25490

Actions (login required)

View Item View Item