HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ENDOMETRIOSIS (Studi Analitik Observasional di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Agustin, Kholiyanti (2022) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ENDOMETRIOSIS (Studi Analitik Observasional di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800089_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Endometriosis merupakan gangguan ginekologi kronik terkait estrogen yang secara signifikan dapat menurunkan kualitas hidup. Secara teori wanita dengan status gizi overweight akan memproduksi lebih banyak estrogen yang mengakibatkan jaringan endometriotik menjadi tumbuh dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara endometriosis dengan status gizi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan case control dengan 42 subyek yang teridiri dari kelompok kasus 21 pasien kista endometriosis dan kelompok kontrol 21 pasien yang terdiagnosis 16 pasien kista ovarium dan 5 pasien kehamilan ektopik. Data penelitian ini didapatkan dari catatan rekam medis pasien dengan menghitung IMT dan dikelompokan kedalam kategori status gizi lebih dan kurang. Analisis dilakukan dengan univariat dan bivariat dengan Uji Chi dan menggunakan Uji Fisher exact. Hasil penelitian terdapat 42 responden, pada kelompok kasus 19 (31,3%) pasien endometriosis didapatkan 2 pasien (100%) dengan status gizi kurang, sedangkan pada kelompok kontrol 21 pasien(50%) masuk ke dalam kategori dengan status gizi lebih. Didapatkan nilai p value 0,488 (p>0.05). Hasil odd ratio didapatkan OR = 2,105 (CI 1,520- 2,196) yang menunjukan bahwa status gizi lebih memiliki faktor risiko sebesar 2,105 kali lebih besar untuk mengalami kejadian endometriosis di bandingkan dengan status gizi kurang. Disimpulkan bahwa status gizi tidak berpengaruh terhadap kejadian endometriosis di RSI Sultan Agung Semarang. Kata kunci : kista endometriosis, IMT, status gizi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:14
Last Modified: 29 Dec 2022 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25488

Actions (login required)

View Item View Item