KORELASI NILAI ABSOLUTE LYMPHOCYTE COUNT (ALC) DENGAN MORTALITAS PASIEN COVID-19 (Studi Observasional Analitik Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Nisak, Khamidatun (2022) KORELASI NILAI ABSOLUTE LYMPHOCYTE COUNT (ALC) DENGAN MORTALITAS PASIEN COVID-19 (Studi Observasional Analitik Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800088_fullpdf.pdf

Download (15MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Pemeriksaan nilai Absolute Lymphocyte Count (ALC) merupakan pemeriksaan darah rutin untuk mengetahui kadar limfosit pasien COVID-19. Pemeriksaan ini dapat membantu klinisi dalam screening awal dan memprediksi prognosis pasien COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai ALC dengan mortalitas pasien COVID-19. Pemeriksaan nilai ALC memiliki kelebihan dibanding penanda inflamasi lain, yaitu merupakan pemeriksaan yang mudah dan murah sehingga dapat digunakan sebagai biomarker dalam memprediksi prognosis pasien yang berkaitan dengan mortalitas pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan kohort retrospektif. Sampel yang digunakan merupakan data dari rekam medis pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan pemeriksaan PCR yang melakukan pemeriksaan nilai ALC dan diperiksa saat pertama kali masuk IGD Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode Mei - Juni 2021. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 rekam medis pasien. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian dilakukan uji korelasi Spearman untuk mengetahui korelasi antara nilai ALC dengan mortalitas pasien COVID-19. Hasil uji korelasi Spearman menunjukan nilai p = 0,001 (p<0,05) dan r = -0,465. Terdapat korelasi antara nilai ALC dengan mortalitas pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Korelasi antara nilai ALC dengan mortalitas pasien COVID-19 termasuk dalam kategori cukup. Artinya, semakin rendah nilai ALC maka semakin tinggi mortalitas pasien. Kata kunci: Nilai ALC, Mortalitas, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:13
Last Modified: 29 Dec 2022 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item