HUBUNGAN PENINGKATAN DERAJAT EKOGENESITAS PARENKIM HEPAR PADA PEMERIKSAAN USG DENGAN KADAR TRIGLISERIDA DARAH PADA PENDERITA FATTY LIVER DISEASE (Studi Observasional Analitik di Bagian Radiologi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Januari 2020-Desember 2021)

Sasty, Jelita Maharani (2022) HUBUNGAN PENINGKATAN DERAJAT EKOGENESITAS PARENKIM HEPAR PADA PEMERIKSAAN USG DENGAN KADAR TRIGLISERIDA DARAH PADA PENDERITA FATTY LIVER DISEASE (Studi Observasional Analitik di Bagian Radiologi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Januari 2020-Desember 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800087_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Pemeriksaan USG hepar dan trigliserida darah adalah pemeriksaan penunjang yang umum dilakukan pada pasien fatty liver disease. Pemeriksaan tersebut dapat membantu dalam melakukan deteksi dini pada penderita fatty liver disease. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan ekogenesitas parenkim hati dengan kadar trigliserida darah pada pasien fatty liver disease. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Data didapatkan dengan mencari data derajat ekogenesitas parenkim hepar dan kadar trigliserida darah pasien fatty liver disease di rekam medis Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jumlah sampel sebanyak 47 pasien fatty liver disease yang menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode Januari 2020 hingga Desember 2021. Data sampel yang didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan derajat ekogenesitas hati dengan kadar trigliserida. Analisis hubungan antar variabel diawali dengan uji normalitas menggunakan metode Shapiro-Wilk untuk variabel trigliserida dan didapatkan hasil p<0,001 kemudian dilanjutkan uji korelasi Spearman didapatkan nilai p=0,041 (p<0,05) dan r= 0,300 (0,6-0,799). Terdapat hubungan yang signifikan antara derajat ekogenesitas parenkim hati dengan kadar trigliserida darah dalam tingkatan kekuatan hubungan lemah pada pasien fatty liver disease di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode Januari 2020 hingga Desember 2021. Kata kunci : Derajat ekogenesitas hati, trigliserida darah, fatty liver disease

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:13
Last Modified: 02 Apr 2024 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25486

Actions (login required)

View Item View Item