PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (Zingiber Officinale) TERHADAP KADAR IMMUNOGLOBULIN E (IgE) (Studi Eksperimental Terapi Rinitis Alergi terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague Dawley yang diinduksi Tungau Debu Rumah)

Firdausi, Ivan Maulana (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (Zingiber Officinale) TERHADAP KADAR IMMUNOGLOBULIN E (IgE) (Studi Eksperimental Terapi Rinitis Alergi terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague Dawley yang diinduksi Tungau Debu Rumah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800086_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Rinitis alergi merupakan suatu kondisi peradangan pada hidung yang diperantarai oleh immunoglobulin E (IgE) karena paparan dari allergen. Gejala yang terjadi merugikan manusia karena dapat menghambat aktivitas. Jahe memiliki efek pengobatan seperti sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, bahkan sebagai antikanker dan juga dapat meningkatkan sistem imun terhadap respon alergi. Sejauh ini, penelitian pengaruh ekstrak jahe terhadap kadar IgE masih terbatas. Tujuan riset ini yakni mengetahui pengaruh pemberian ekstrak jahe sebagai terapi rinitis alergi terhadap kadar IgE pada tikus yang diinduksi tungau debu rumah. Penelitian eksperimental ini menggunakan rancangan post-test only control group design. Pada penelitian ini menggunakan 4 kelompok perlakuan dengan jumlah 24 tikus yang dibagi secara random ke K1 (kontrol negatif) hanya diberi diet pakan standar. K2 (kontrol positif) diberi pakan standar dan alergen tungau deu rumah. K3 (perlakuan) diberi pakan standar, alergen tungau debu rumah dan cetirizine 0,18mg. K4 (perlakuan) diberi pakan standar, alergen tungau debu rumah dan ekstrak jahe 500mg/KgBB. Data berskala numerik dan diuji dengan metode One Way Anova dan Post Hoc LSD menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan bermakna antara kelompok yang hanya di induksi tungau debu dan kelompok yang telah diberi terapi ekstrak jahe. Hasil uji analisis dengan uji One Way Anova didapatkan hasil p=0,000 dan uji Post Hoc LSD p= 0,000. Kesimpulan penelitian ini menunjukan pengaruh pemberian ekstrak jahe sebagai terapi rinitis alergi terhadap kadar IgE pada tikus yang diinduksi tungau debu rumah. Kata Kunci : Rinitis alergi, Jahe, Tungau debu rumah, Antiinflamasi, IgE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:11
Last Modified: 02 Apr 2024 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25484

Actions (login required)

View Item View Item