PENGARUH AMOXICILIN DAN EKSTRAK KULIT BAWANG PUTIH (Allium sativum Linn) TERHADAP KADAR NITRIT OXIDA PADA SINUSITIS (Studi Eksperimental terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague Dawley yang diinduksi Staphylococcus aureus)

Panuntun, Isnawati Budi (2022) PENGARUH AMOXICILIN DAN EKSTRAK KULIT BAWANG PUTIH (Allium sativum Linn) TERHADAP KADAR NITRIT OXIDA PADA SINUSITIS (Studi Eksperimental terhadap Tikus Putih Jantan Rattus Novergicus Galur Sprague Dawley yang diinduksi Staphylococcus aureus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800085_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Sinusitis merupakan inflamasi pada sinus paranasal. Pada sinusitis terjadi peningkatan kadar NO. Amoxicillin dan ekstrak kulit bawang putih (allium sativum linn) berpengaruh dalam penurunan kadar NO pada sinusitis. Pada penelitian ini menggunakan 24 tikus putih jantan galur Sprague dawley dan dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol (K) , kelompok tikus sinusitis akut bakterial tanpa pengobatan (P1), kelompok tikus sinusitis akut bakterial dengan antibiotik amoxicillin dan antinflamasi prednisolone (P2), dan kelompok tikus sinusitis akut bakterial dengan antibiotik amoxicillin dan ekstrak kulit bawang putih (P3) dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Penelitian dilakukan selama 28 hari, di hari ke 29 dilakukan pengambilan sampel darah dari vena orbita dan dilakukan pengukuran kadar NO menggunakan ELISA reader. Rerata kadar NO pada kelompok K–P3 secara berurutan adalah 26,20 ± 0,63 ng/mL.; 77,89 ± 8,53 ng/mL.; 27,28 ± 0,87 ng/mL.; 27,82 ± 0,44 ng/mL. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh data normal dan tidak homogen, kemudian terdapat perbedaan bermakna di keempat kelompok (p<0,05). Pada Uji Post Hoc Games-Howell menujukkan perbedaan signifikan rerata kadar NO antara kelompok K-P1, K-P3, P1-P2, dan P1-P3 (p < 0,05). Pemberian amoxicillin dan ekstrak kulit bawang putih (Allium Sativum linn) berpengaruh terhadap kadar nitrit oxida pada tikus sinusitis yang diinduksi staphylococcus aureus. Kata Kunci: Flavonoid,amoxicillin, ekstrak kulit bawang putih (allium sativum linn), antiinflamasi, nitrit oxida

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:10
Last Modified: 29 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item