PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI MADU DAN HABBATUSSAUDA TERHADAP KADAR UREUM TIKUS Studi Eksperimental Terhadap Tikus Rattus Wistar yang di Induksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO)

Putri, Hanifah Tiara (2021) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI MADU DAN HABBATUSSAUDA TERHADAP KADAR UREUM TIKUS Studi Eksperimental Terhadap Tikus Rattus Wistar yang di Induksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800075_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Madu memiliki beberapa kandungan yang dapat memberikan efek antioksidan, sedangkan habbatussauda memiliki kandungan Thymoquinone yang memiliki efek antioksidan, anti inflamasi, dan anti mikroba. Kedua bahan tersebut jika dikombinasikan dapat meningkatkan efek antioksidan 3-4 kali lipat yang terkandung, sehingga memiliki efek protektif terhadap ginjal yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian kombinasi madu dan habbatussauda terhadap kadar ureum pada tikus putih jantan galur Wistar yang diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO). Penelitian pre-post test randomized controlled group design ini menggunakan tikus putih jantan Rattus Wistar sebanyak 30 ekor yang di randomisasi menjadi 5 kelompok. Kelompok 1 (Kelompok Normal), Kelompok 2 (Irbesartan 13,5 mg/KgBB/hari), Kelompok 3 (kombinasi madu 0,675 mL/200 gr/hari dan habbatussauda 0,5 mL/KgBB), Kelompok 4 (kombinasi madu 1,35 mL/200 gr/hari dan habbatussauda 1,0 mL/KgBB), Kelompok 5 (kombinasi madu 2,025 mL/200 gr/hari dan habbatussauda 2,0 mL/KgBB). Pemberian kombinasi selama 21 hari. Kadar ureum diukur dengan menggunakan metode enzimatik. Data pre dan post test dianalisis dengan One Way Anova dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc Tamhane’s T2. Hasil pengukuran kadar ureum pre test menunjukkan peningkatan kadar ureum pada semua kelompok yang diinduksi UUO, sedangkan pengukuran kadar ureum post test menunjukkan penurunan kadar ureum dibandingkan pre test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberian kombinasi madu dan habbatussauda menurunkan kadar ureum pada tikus yang diinduksi UUO. Kata Kunci : UUO, Madu, Habbatussauda, Ureum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:04
Last Modified: 02 Apr 2024 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item View Item