HUBUNGAN ANTARA ASUPAN POLYUNSATURATED FATTY ACIDS (PUFA) DAN KEJADIAN ENDOMETRIOSIS DENGAN OVERWEIGHT (Studi Analitik Observasional di RSI Sultan Agung Semarang)

Ramadhani, Chelian Wahyu (2022) HUBUNGAN ANTARA ASUPAN POLYUNSATURATED FATTY ACIDS (PUFA) DAN KEJADIAN ENDOMETRIOSIS DENGAN OVERWEIGHT (Studi Analitik Observasional di RSI Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800040_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Endometriosis merupakan kondisi dimana jaringan yang menyerupai endometrium ditemukan di luar kavum uterus, terutama di daerah panggul termasuk ovarium, ligamen dan peritoneal. Beberapa faktor risiko endometriosis, menunjukkan bahwa variasi hormonal pada wanita gemuk dan kurus dapat berdampak signifikan pada risiko kejadian endometriosis. Gaya hidup dan pola makan juga dapat mempengaruhi risiko terjadinya endometriosis, hal ini dapat dihubungkan dengan kemampuan untuk mengurangi inflamasi kronik. Polyunsaturated Fatty Acids (seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6) terbukti berperan dalam regulasi dan penurunan prostaglandin inflamasi dan sitokin (interleukin 1, 2 dan 6, TNF-α). Metode: Studi observasional analitik dengan desain case control. Sampel kelompok kasus sebanyak 16 dan kelompok kontrol sebanyak 16 didapatkan total 32 sampel. Data penelitian diperoleh dari rekam medis dan dilakukan wawancara dan pengisian kuesioner SQ-FFQ untuk memperoleh asupan PUFA dan IMT pasien. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara asupan PUFA dan kejadian endometriosis dengan overweight. Hasil: Analisis dengan uji chi-square menghasilkan p-value sebesar 0,154 (p>0,05) dan odd ratio sebesar 0,354 (CI 95% 0,083 – 1,502) Kesimpulan: tidak terdapat hubungan yang signifikan antar asupan Polyunsaturated Fatty Acids (PUFA) dan kejadian endometriosis dengan overweight. Kata kunci: Endometriosis, Polyunsaturated Fatty Acids (PUFA), Indeks Massa Tubuh (IMT), Overweight

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:52
Last Modified: 03 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25469

Actions (login required)

View Item View Item