EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PLERED (CIREBON) – BANDUN (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Perempatan Lampu Merah Plered – Empal Gentong H.Apud )

NUHGRAHA, BOGI and DICKY KHOERUL NUL F., DICKY KHOERUL NUL F. (2022) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PLERED (CIREBON) – BANDUN (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Perempatan Lampu Merah Plered – Empal Gentong H.Apud ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201700042_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Kabupaten Cirebon mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cirebon tercatat mempunyai jumlah penduduk 2.270.621 juta jiwa. Jalan Plered (Cirebon) – Bandung berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di sebelah Utara-nya, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kuningan, dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Majalengka serta dilewati oleh jaringan jalan Nasional. Cirebon pada saat ini mengalami permasalahan kepadatan lalu lintas di beberapa ruas jalan di karenakan jumlah penduduk yang banyak dan kenaikan kendaraan bermotor setiap tahunnya. Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian, analisa dan pembahasan pada ruas jalan Plered (Cirebon) – Bandung yang menghasilkan nilai derajat kejenuhan (Degree Of Saturation/DS) sebesar 0,81 untuk arah Timur ke Barat dan 0,8 untuk arah Barat ke Timur. Dengan Tingkat Pelayanan (Level Of Service/LOS) kategori “D” dengan batas lingkup derajat kejenuhan Q/C yaitu antara 0,75 – 0,84 yang berarti jalan tersebut memiliki arus yang arus mulai tidak stabil, kecepatan redah dan berbeda – beda, volume mendekati kapasitas. Ruas jalan Plered (Cirebon) – Bandung akan mengalami penurunan kinerja jika tidak dilakukan upaya untuk mempertahankan kinerja pada ruas jalan tersebut. Kata Kunci : Jalan Plered (Cirebon) – Bandung; Kinerja Ruas Jalan; Derajat Kejenuahan; Tingkat Pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:50
Last Modified: 29 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item