ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA PASIR MENGGUNAKAN ALAT KORINOFACTION 2.0 (Studi Kasus pada Pasir Pantai Setrojenar Kabupaten Kebumen)

ROKHIM, ABDUL and WITOYO, DWI JOKO (2022) ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA PASIR MENGGUNAKAN ALAT KORINOFACTION 2.0 (Studi Kasus pada Pasir Pantai Setrojenar Kabupaten Kebumen). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201700002_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Gempa bumi (gempa tektonik) disebabkan karena pergerakan lempeng bumi dan letusan gunung berapi disebut dengan gempa vulkanik. Pada kondisi tanah tertentu gempa bumi juga mengakibatkan terjadinya likuifaksi, yaitu suatu peristiwa dimana tanah kehilangan daya dukung. Hal tersebut terjadi pada kondisi tanah jenuh yang mengalami peningkatan tegangan air pori akibat bekerjanya beban siklik yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa potensi likuifaksi dengan menggunakan alat Korinofaction. Metode penelitian menggunakan alat Korinofaction dengan prinsip menimbulkan getaran gaya lateral seperti gempa bumi yang bersumber dari putaran dinamo servo DC kemudian diatur kecepatannya melalui dimmer digital serta di sinkronisasi dengan alat pengukur kecepatan digital tachometer Penelitian ini menggunakan sampel tanah yaitu tanah pasir yang diambil dari Pantai Setrojenar, Kebumen. Hasil yang diperoleh dari sampel mengalami likuifaksi, prosentase kandungan air pada sampel adalah 3,77%, luasan area terjadinya likuifaksi sebesar 6046,39 cm2, serta kedalaman area likuifaksi pada pasir pada 4 titik dengan rata-rata sebesar 7,7 cm. Sampel tanah juga mengalami penurunan sebesar 2,3 cm. Prosentase kandungan air tertinggi terdapat pada tanah lanau karena memiliki kandungan lanau yang besar. Sifat lanau mampu mengikat air lebih banyak. Luasan area terbesar akibat dampak terjadinya likuifaksi di pasir berlanau. Kedalaman likuifaksi tertinggi berada pada jenis tanah lanau dan penurunan tertinggi pada tanah jenis pasir berlanau. Kata kunci : Air; Bencana Alam; Gempa Bumi; Likuifaksi; Tanah Air; Tegangan Air Pori

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:43
Last Modified: 29 Dec 2022 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item