HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, EKONOMI DAN RELIGIUSITAS PASIEN DENGAN KEJADIAN KDRT (Studi Observasi di RS Bhayangkara Semarang Periode Januari-Desember 2020)

Damayanti, Fitri (2021) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, EKONOMI DAN RELIGIUSITAS PASIEN DENGAN KEJADIAN KDRT (Studi Observasi di RS Bhayangkara Semarang Periode Januari-Desember 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800067_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT merupakan kekerasan berbentuk gender, yakni kekerasan yang terjadi karena adanya asumsi gender dalam kelas laki-laki dan perempuan yang dikonstruksikan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, ekonomi keluarga dan religiusitas pasien berhubungan dengan kejadian KDRTndi RS Bhayangkara Semarang Periode Januari-Desember 2020. Jenis Penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan data tingkat pendidikan dan ekonomi dilakukan dengan menggunakan rekam medis pasien dan tingkat religiusitas dilakukan dengan interview menggunakan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 46 pasien KDRT Tahun 2020 yang sesuai kriteria inklusi. Analisis dilakukan dengan uji deskriptif. Hasil uji deskriptif pada penelitian ini menunjukan dari 46 pasien KDRT, didapatkan sebanyak 28.3% pasien memiliki tingkat Ekonomi yang tinggi dan 71.7% pasien memiliki tingkat ekonomi yang rendah, Pada Tingkat Pendidikan sebanyak 28.3% pasien memiliki tingkat pendidikan tinggi dan 71.7% memiliki pendidikan yang rendah. Pada tingkat religiusitas, sebanyak 13% pasien memiliki tingkat religiusitas sangat baik, 67.4% religiusitas baik dan 19.6% religiusitas yang kurang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan, ekonomi pasien berhubungan dengan Kejadian KDRT di RS Bhayangkara Semarang dan tingkat religiusitas pasien tidak berhubungan dengan kejadian KDRT. Kata Kunci: KDRT, Perempuan, Pendidikan, Ekonomi, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:42
Last Modified: 02 Apr 2024 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item View Item