ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN FONDASI ANTARA TIANG PANCANG DENGAN BORED PILE PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DEKANAT UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG

Dzikrian, REYHAN RIFKY and YUFLIH, Fakhri (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN FONDASI ANTARA TIANG PANCANG DENGAN BORED PILE PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DEKANAT UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201604482_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Pondasi merupakan bagian dari suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang ditopang serta beratnya sendiri ke dalam tanah dan batuan yang terletak dibawahnya. Pemilihan pondasi sangat penting dalam struktur bangunan yaitu untuk dapat menahan beban dari bangunan itu sendiri dan beban hidup yang ada di dalam gedung itu serta beban gempa yang direncanakan agar tak mengalami keruntuhan struktur. Adapun objek penelitiannya yaitu pekerjaan struktur pondasi Proyek Gedung Dekanat Universitas Wahid Hasyim Semarang yang dibangun pada tahun 2019. Hasil tes tanah lapangan dan di laboratorium didapat lapisan tanah keras terdapat pada kedalaman >10 meter, sehingga digunakan pondasi dalam yang menggunakan 2 alternatif yaitu pondasi bored pile dan pondasi tiang pancang. Pada tugas akhir ini penulis merencanakan pondasi bored pile dan membandingkan dengan fondasi tiang pancang dari segi kapasitas daya dukung dan besarnya penurunan. Dalam melakukan analisis digunakan data skunder yaitu gambar teknik, data Standart Penetration Test (SPT). Tahap analisis awal ialah pemodelan dengan Program ETABS untuk mendapatkan besarnya beban yang harus disalurkan pondasi ke tanah. Kemudian dilakukan perhitungan daya dukung pondasi dengan metode Mayerhoff, Penurunan tiang tunggal dengan metode Poulus dan Davis serta menggunakan Program Plaxis dan Program Allpile. Selanjutnya hasil perhitungan dibandingkan antara pondasi bored pile dengan tiang pancang. Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung dengan cara analitis serta Program Plaxis dan Program Allpile. Pondasi Bored pile diameter 0,6 m kedalaman 12,5 m Qult : 3973,663 kN, sedangkan hasil Progam Plaxis : 4016,101 kN dan Program Allpile : 4793,228 kN. Untuk pondasi tiang pancang diameter 0,3 m kedalaman 15 m Qult : 2991 kN, sedangkan hasil Program Plaxis : 2903,794 kN dan Program Allpile : 1509,252 kN. Untuk besarnya Penurunan pondasi bored pile dengan cara analitis sebesar 6,38 mm sedangkan penurunan hasil Program Plaxis sebesar 7,27 mm dan Program Allpile sebesar 11,765 mm. Untuk pondasi tiang pancang dengan cara analitis didapat penurunan sebesar 8,61 mm, sedangkan hasil dengan Program Plaxis sebesar 8,49 mm dan Program Allpile sebesar 11,868 mm. Kata kunci : Fondasi bored pile, fondasi tiang pancang, daya dukung, penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:41
Last Modified: 29 Dec 2022 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item View Item