HUBUNGAN USIA IBU DAN PARITAS TERHADAP PREEKLAMPSIA BERAT Studi Observasional Analitik pada Ibu Hamil dengan Preeklampsia di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Hartono, Ellina (2022) HUBUNGAN USIA IBU DAN PARITAS TERHADAP PREEKLAMPSIA BERAT Studi Observasional Analitik pada Ibu Hamil dengan Preeklampsia di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800055_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Preeklampsia adalah sindroma yang menimbulkan gangguan pada ibu dan juga pada janin. Indonesia merupakan Asia Tenggara yang menempati urutan ke lima atas Angka Kematian Ibu tertinggi menurut dari data World Health Organization (WHO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia ibu dan paritas terhadap kejadian preeklampsia berat pada ibu hamil di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil seluruh ibu hamil dengan preeklampsia berat yang dirawat di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode 1 Januari 2019 sampai 31 Desember 2020. Besar sampel penelitian sejumlah 62 pasien ibu hamil dengan preeklampsia berat. Instrumen penelitian menggunakan catatan rekam medik bagian Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Teknik sampling penelitian ini adalah consecutive sampling serta memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Data dianalisis dengan Uji Chi Square (X2). Hasil penelitian dari 62 total sampel diperoleh Angka kejadian preeklampsia berat Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang sebesar 58,5%. Terdapat hubungan signifikan antara usia ibu dengan preeklampsia berat dengan nilai p value : 0,036 (p<0,05) dan terdapat hubungan signifikan antara paritas dengan preeklampsia berat dengan nilai p value : 0,014 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara usia ibu dan paritas terhadap preeklampsia berat. Kata kunci: Preeklamsia berat, Usia Ibu, Paritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:25
Last Modified: 03 Apr 2024 02:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25444

Actions (login required)

View Item View Item