PENGARUH OBESITAS TERHADAP KADAR INTERLEUKIN-6 Studi Eksperimental Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus)

Cahyanto, Diki Fajar (2022) PENGARUH OBESITAS TERHADAP KADAR INTERLEUKIN-6 Studi Eksperimental Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800049_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebih karena surplus kalori, memicu proses inflamasi yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan peningkatan kadar IL-6 yang dapat menyebabkan berbagai penyakit metabolik dan degeneratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar IL-6 pada kondisi yang awalnya normal menjadi obesitas dibandingkan dengan kondisi yang sudah obesitas. penelitian eksperimental dengan design prepost-test control group design yang dilakukan di IBL UNISSULA selama 12 minggu dengan sampel berjumlah 32 ekor tikus jantan galur wistar di bagi 2 kelompok. Kelompok kontrol di beri pakan standar dan kelompok perlakuan obesitas yang diberi tinggi lemak. Kadar IL-6 diperiksa menggunakan ELISA reader. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dikonfirmasi uji beda data BB. Uji T-dependent dilakukan dengan signifikan <0,05 pada kelompok pretest-minggu 8, pretest- minggu 12, dan minggu 8-minggu 12.Selisih kadar Il-6 pada kelompok kontrol dan perlakuan di minggu 12 diuji dengan T-independent untuk mengetahui yang paling efektif peningkatan kadar IL-6. Kadar IL-6 pada tikus kelompok kontrol pengukuran pretest, minggu ke-8 dan minggu ke-12 masing-masing adalah 69,4 pg/ml; 71,8 pg/ml; dan 97,4 pg/ml dan kondisi obesitas pada kelompok perlakuan pengukuran pretest, minggu ke-8 dan minggu ke-12 masing-masing adalah 56,2 pg/ml; 85,1 pg/ml; dan 85,5 pg/ml. Hasil uji-T menunjukkan terdapat dua periode pengukuran yang menghasilkan perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan minggu ke-8 dan kelompok kontrol minggu ke-12. Hasil ini disimpulkan bahwa pemberian diet tinggi lemak memengaruhi kadar IL-6 pada tikus berat badan normal dan obesitas. Kata Kunci: Obesitas, Kadar IL-6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:19
Last Modified: 02 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25438

Actions (login required)

View Item View Item