TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEREDARAN OBAT ILEGAL (Studi Kasus Putusan Nomor 53/Pid.Sus/2021/PN Kds)

PRASETYO SARI, PANJI (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEREDARAN OBAT ILEGAL (Studi Kasus Putusan Nomor 53/Pid.Sus/2021/PN Kds). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800303_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)

Abstract

Kesehatan adalah keadaan yang meliputi keadaan badan, rohani, dan sosial, bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Masalah kesehatan merupakan keprihatinan serius di setiap negara, baik negara maju maupun negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Karena kesehatan merupakan salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu negara dan merupakan hak asasi manusia. Negara memiliki kewajiban kepada rakyatnya untuk menyediakan layanan kesehatan dan menetapkan aturan-aturan hukum yang terkait dengan kepentingan perlinungan kesehatan. Tujuan penulisan ini adalah. Untuk mengetahui dan menganalisis. Untuk mengetahui dan menganalisis dasar hakim dalam menjatuhkan hukuman tindak pidana peredaran obat ilegal dalam perkara Putusan Nomor 53/Pid.Sus/2021/PN Kds ; dan mengtehaui dan menganalisis hambatan yang dihadapi oleh hakim dalam menjatuhkan hukuman dalam tindak pidana peredaran obat ilegal. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan atau suatu pendekatan yang berdasar pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara dan Studi Kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindak pidana peredaran obat berbahaya (daftar G) jenis TRIHEXYPHENIDYL diwilayah Kota Kudus tidak terlepas dari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana itu sendiri. Terdapat 4 (empat) faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana peredaran obat berbahaya (daftar G) jenis TRIHEXYPHENIDYL di wilayah Kota Kudus, yaitu: Faktor Rendahnya Pemahaman Tentang Hukum; Faktor Ekonomi; Faktor Lingkungan Masyarakat; dan Faktor Pengawasan. Dasar hakim dalam menjatuhkan hukuman tindak pidana peredaran obat ilegal dalam perkara Putusan Nomor 53/Pid.Sus/2021/PN Kds terdapat 2 dasar yaitu dasar yuridis dan non-yuridis. Hambatan bagi hakim ketika hendak menjatuhkan pidana kepada terdakwa tindak pidana peredaran obat illegal di Pengadilan Negeri Kudus, maka dapat disimpulkan bahwa faktor dan Alasan dalam pertimbangan hakim untuk tidak menjatuhkan pidana tersebut selain didasarkan pada sudut pandang hakim itu sendiri, juga berasal dari sudut pandang hakim dari sisi terdakwa, jaksa dan korban dalam perkara tersebut. Kata Kunci : Yuridis, Pemidanaan, Pelaku, Tindak Pidana, Peredaran Obat Ilegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:14
Last Modified: 29 Dec 2022 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item