ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN DI JALUR PEDESTRIAN “KUDUS CITY WALK” KABUPATEN KUDUS (Studi Kasus: Koridor Jalan Sunan Kudus)

FAELASSUFFA, ASSA (2022) ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN DI JALUR PEDESTRIAN “KUDUS CITY WALK” KABUPATEN KUDUS (Studi Kasus: Koridor Jalan Sunan Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31202000071_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Jalur pedestrian Kudus City Walk dibangun tahun 2020 dengan panjang 562 meter. Dalam pembangunannya, rencana desain yang dibuat tidak sama dengan yang terbangun. Hal ini dapat disebabkan karena tidak adanya dokumen rencana tata ruang ataupun rencana tata lingkungan sebagai pedoman untuk mengetahui karakteristik dan arahan pembangunannya. Selain itu, fungsi ganda dari jalur pedestrian menjadikan konflik penggunaan ruang meskipun keberadaan PKL saat malam hari legal. Padahal penyediaan jalur pedestrian perlu memberikan rasa nyaman agar pejalan kaki mau berjalan di jalur pedestrian. Sebagaimana kita ketahui bahwa pejalan kaki merupakan subjek utama dari pembagunan jalur pedestrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kenyamanan di jalur pedestrian Kudus City Walk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif rasionalistik. Hasil yang didapatkan yaitu tingkat kenyamanan di jalur pedestrian sebesar 69%, dimana persentase tersebut masuk dalam kategori nyaman. Tingkat kenyamanan tersebut dilihat dari penyediaan fasilitas sudah sesuai dengan pedoman teknis, tingkat pelayanan memiliki rata-rata LOS A, hanya pada segmen dan waktu tertentu memiliki LOS C, tingkat kenyamanan berdasarkan persepsi menunjukan pejalan kaki lebih nyaman berjalan saat pagi hari daripada malam hari. Hal yang mempengaruhi tingkat kenyamanan jalur pedestrian adalah keberadaan PKL saat malam hari. Kata Kunci: Tingkat Kenyamanan, Jalur Pedestrian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:06
Last Modified: 26 Dec 2022 08:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item