PENGARUH MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA STROKE INFARK AKUT (Studi Eksperimental Pada Penderita Stroke Infark Akut Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang)

Gunawan, Ariel (2021) PENGARUH MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA STROKE INFARK AKUT (Studi Eksperimental Pada Penderita Stroke Infark Akut Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800024_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Stroke merupakan salah satu masalah utama kesehatan di Indonesia bahkan di dunia yang menempati posisi kematian ketiga setelah penyakit jantung koroner (13%) dan kanker (12%). Perubahan perilaku dan emosional berupa syok, kecemasan, kemarahan, penolakan, stress hingga mencapai depresi, hal tersebut merupakan respon psikologis yang umumnya dialami oleh pasien stroke. Rasa rileks dapat ditingkatkan dengan lantunan murottal Al-Qur’an yang merupakan salah satu instrumen penyembuhan yang dapat menurunkan hormon- hormon stres serta mengaktifkan hormon endorphin alami. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh murottal Al-Qur’an terhadap Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) pada stroke infark akut di RSI Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan cohort prospektif menggunakan “Pretest-Post test Control Group Design” terhadap 32 pasien stroke infak akut di RSI Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Penelitian ini dilakukan dari 1 September hingga 4 Desember 2021. Skala data berupa kategorik dan dilakukan uji Chi-Square. Hasil penelitian menggunakan uji analisis Chi-Square untuk mengetahui pengaruh perlakuan berupa murottal Al-Qur’an yang diperdengarkan terhadap skor HARS yang sudah dikategorisasi, dimana didapatkan nilai p 0.000 < 0.05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna dengan memperdengarkan murottal Al-Qur’an terhadap Hamilton Anxiety Rating Scale pada pasien stroke infark akut. Kata Kunci : Stroke, Murottal Al-Qur’an, HARS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:12
Last Modified: 02 Apr 2024 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25399

Actions (login required)

View Item View Item