ANALISIS PROSES PERUBAHAN PERMUKIMAN DI WILAYAH PESISIR AKIBAT DAMPAK TERJADINYA ABRASI DAN INUNDASI DI DESA SRIWULAN, KECAMATAN SAYUNG, KABUPATEN DEMAK

WICAKSONO, NANDITA AGUNG BUDI (2022) ANALISIS PROSES PERUBAHAN PERMUKIMAN DI WILAYAH PESISIR AKIBAT DAMPAK TERJADINYA ABRASI DAN INUNDASI DI DESA SRIWULAN, KECAMATAN SAYUNG, KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31201800034_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Perkembangan wilayah perkotaan di indonesia menyebabkan tingginya pertumbuhan penduduk disertai dengan tingginya tingkat mobilitas penduduk, hal tersebut tentunya berpengaruh akan kebutuhan lahan. Tentunya hal tersebut memberikan tekanan atas perkembangan wilayah perkotaan khususnya Kota Semarang yang berdampak terhadap wilayah pesisir Semarang yang memberi dampak di kawasan sekitar nya ditandai dengan perubahan lingkungan sehingga memberikan ciri khas tersendiri khususnya Desa Sriwulan dengan adanya fenomena Abrasi dan Inundasi. Hal tersebut ditujukan kurun waktu beberapa tahun terakhir memberikan dampak yang cukup signifikan. Kecenderungan tersebut tentu ditandai dengan berubahnya garis pantai serta penggunaan lahan. Hal itu diperparah dengan adanya bangunan yang hilang akibat Abrasi dan Inundasi dengan ketinggian 10-50 cm yang merendam pemukiman di wilayah pesisir Kecamatan Sayung, dengan durasi yang cukup lama. Sehingga bangunan pemukiman mengalami pengroposan atau penuaan dini karena sering terendam air laut dan dihempas ombak. Selain itu diperkuat dengan adanya bangunan hilang pada tahun 2013 sebanyak 17 unit akibat Abrasi dan inundasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:10
Last Modified: 26 Dec 2022 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item