PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KUALITAS SARANA DAN PRASARANA PADA KAWASAN OBJEK WISATA PANTAI JUNGWOK KAB GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

SULISTIOWATI, INDAH (2022) PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KUALITAS SARANA DAN PRASARANA PADA KAWASAN OBJEK WISATA PANTAI JUNGWOK KAB GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31201800023_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Pantai Jungwok merupakan salah satu wisata alam yang dimiliki Yogyakarta dengan pemandangan menarik wisatawan yang berkunjung. Adanya pariwisata mampu membangkitkan aktivitas bisnis dan menjadi alat ideal bagi pelestarian lingkungan alam, sosial budaya, dan mempererathubungan persahabatan antar bangsa serta mengangkat citra bangsa di mata dunia dengan peran serta pemerintah dan pengelola pariwisata seperti membangun dan mengelola daya tarik wisata, sarana dan prasarana pariwisata yang baik serta fasilitas penunjang lainnya yang memadai. Dengan menciptakan persepsi yang baik bagi wisatawan terhadap produk wisata yang tersedia, maka akan dapat menarik wisatawan untuk datang ke objek wisata Pada penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan deduktif kuantitatif rasionalistik. Berdasarakan hasil temuan studi pada penelitian ini terdapat sisi lain yang kurang optimal, yaitu segi sarana dan prasarana objek wisata. Dari segi sarana objek wisata Pantai Jungwok seperti area foodcourt, lahan parkir yang sempit, toilet, mushola, penginapan, pos keamanan yang kurang terawat dan terkesan kumuh pada objek wisata Pantai Jungwok. Dari segi prasarana objek wisata seperti akses jalan masih berupa tanah bebatuan, penanda jalan, penerangan jalan dan suplai listrik yang masih minim tersalurkan ke beberapa titik penting di jalan maupun sarana dan prasarana objek wisata yang masih sulit dilalui oleh wisatawan Pantai Jungwok. Faktor tersebut mempengaruhi penurunan kunjungan wisatawan Pantai Jungwok, terlihat dengan minimnya ketersediaan sarana dan prasarana yang meninggalkan persepsi buruk bagi wisatawan. Berdasarkan hasil analisis mengenai persepsi pengunjung terhadap karakteristik kawasan objek wisata Pantai Jungwok Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul yang telah dikaji pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pengunjung memberikan persepsi baik adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga pada latar belakang dengan hasil analisis tidak sejalan dikarenakan sudah adanya bantuan dana dari pemerintah daerah untuk dapat melakukan perbaikan fasilitas yang kurang memadai. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam memberikan persepsi di kawasan objek wisata Pantai Jungwok yaitu psikografis-demografis pada karakteristik pengunjung dan motif. Kata Kunci: Pariwisata, Persepsi, Pantai, Sarana, Prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:58
Last Modified: 26 Dec 2022 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item