ANALISIS JAM PUNCAK (PEAK A HOURS) TERHADAP TINGKAT KEMACETAN JALAN MRANGGEN-KARANGAWEN (STUDI KASUS RUAS JALAN MRANGGEN-KARANGAWEN)

PANGESTUTI, DIKA NOVIA (2022) ANALISIS JAM PUNCAK (PEAK A HOURS) TERHADAP TINGKAT KEMACETAN JALAN MRANGGEN-KARANGAWEN (STUDI KASUS RUAS JALAN MRANGGEN-KARANGAWEN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31201700016_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Jalan Mranggen-Karangawen merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kota purwodadi dan kota Semarang. Jalan Mranggen-Karangawen sejak dari dulu sering mengalami permasalahan kemacetan. Pada ruas jalan Karangawen-Mranggen permasalahan kemacetan ini kerap kali terjadi terlebih pada jam puncak aktivitas atau peak a hours. Jam puncak menyebabkan banyak aktivitas yang timbul yang sehingga dapat mempengaruhi arus lalu lintas. Dengan banyaknya aktivitas yang ada disekitar jalan maka dilakukan analysis terhadap kapasitas jalan,derajat kejenuhan, kecepatan kendaraan untuk mengetahui tingkat kemacetan yang ada dijalan Semarang-purwodadi. Analisis kemacetan di jalan Semarang-Purwodadi dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik sampling. Yaitu melakukan survey pada lokasi penelitian untuk mengambil data/sampel untuk diolah dan dilakukan analisis. Selain itu juga pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. observasi dilakukan dalam waktu 2 minggu, dengan hasil terdapat enam titik kemacetan dijalan Semarang-Purwodadi. Yaitu di 2 kawasan perdagangan (pasar Karangawen-Pasar Mranggen) 3 lokasi industry, pabrik Arisa, Pabrik woodland furniture, dan pabik kayu cipta karya sejahtera. Enam lokasi diindikasi sebagai titik kemacetan karena kapasitas jalan pada pagi dan sore hari melebihi kapasits dasar jalan Semarang-Purwodadi yaitu 2.390 smp/jam dan tingkat kejenuhan mencapai 1. kata Kunci : Kemacetan, Purpose sampling, Jam puncak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:37
Last Modified: 26 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25372

Actions (login required)

View Item View Item