PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BATITA USIA 6 BULAN-3 TAHUN (Studi Observasi pada Pasien Anak Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Khayatun Nufus, Oktaviani (2022) PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BATITA USIA 6 BULAN-3 TAHUN (Studi Observasi pada Pasien Anak Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800138_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)

Abstract

Pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk memproteksi bayi/anak dari risiko penyakit infeksi, namun cakupan pemberian ASI eksklusif belum sesuai harapan karena dibawah target 80%. Diare yang menjadi penyakit infeksi penyebab mortalitas dan morbiditas di urutan kedua pada anak usia dibawah lima tahun (balita) diduga berkaitan dengan rendahnya tingkat pemberian ASI eksklusif tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian ASI eksklusif dengan kejadian diare pada anak usia 6 bulan-3 tahun. Jenis penelitian ini observasional analitik menggunakan desain case control. Populasi penelitian berasal dari pasien anak rawat inap di RSI Sultan Agung Semarang tahun 2021. Sampel penelitian 46 pasien anak yang dibagi dalam kasus (diare) dan kontrol (tidak diare). Data status diare didapatkan dari catatan medis pasien, sedangkan data pemberian ASI eksklusif diperoleh dari pembagian kuesioner kepada ibu pasien anak secara daring/online. Analisis pengaruh antar variabel dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan dari 23 kasus, sebagian besar (82,6%) tidak diberikan ASI eksklusif, sedangkan dari 23 kontrol sebagian besar (65,2%) mendapat ASI eksklusif. Hasil uji chi square didapatkan nilai p=0,001 (OR = 8,906; IK95%: 2,245-35,330). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif berpengaruh terhadap kejadian diare pada anak usia 6 bulan – 3 tahun. Risiko diare 8,9 kali lebih tinggi pada anak usia 6 bulan – 3 tahun dengan riwayat tidak diberi ASI eksklusif daripada yang diberi ASI eksklusif. Kata kunci: Diare, ASI Eksklusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:18
Last Modified: 26 Dec 2022 07:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item