UJI BEDA KESIAPAN MAHASISWA PROFESI KESEHATAN ANGKATAN 2020 TERHADAP PENERAPAN IPE

Cendikia Putri, Trijati (2022) UJI BEDA KESIAPAN MAHASISWA PROFESI KESEHATAN ANGKATAN 2020 TERHADAP PENERAPAN IPE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101700169_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang semakin kompleks membutuhkan kerjasama tim antar profesi kesehatan. Ketidakharmonisan antar dan komunikasi yang kurang baik antar profesi kesehatan dalam berkolaborasi di dalam tim mengakibatkan terjadinya malpraktek. Interprofessional Education (IPE) memiliki peran penting untuk memperbaiki permasalahan tersebut. IPE diperlukan sejak awal pendidikan profesi kesehatan hingga akhir pendidikan tenaga kerja di bidang pelayanan kesehatan. Agar dapat berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran IPE, kesiapan mahasiswa untuk mengikuti IPE perlu dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan kesiapan mahasiswa profesi kesehatan angkatan 2020 terhadap penerapan IPE. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Subjek penelitian observasional sebanyak 477 dari 608 mahasiswa angkatan 2020 dengan mengisi kuesioner Readiness of healthcare students for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) melalui tautan google form. Kuesioner RIPLS memiliki 19 item pertanyaan dimana setiap pertanyaan disajikan dengan skala Likert. Penelitian pada bulan Juli-Agustus 2021 secara daring. Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis, lalu uji normalitas didasarkan pada hasil Kolmogorov-Smirnov. Hasil total nilai RIPLS untuk tiap program studi menggunakan uji Kruskal Wallis karena terdistribusi tidak normal, menunjukkan nilai p=0,114 yang memiliki makna bahwa nilai tidak ada perbedaan secara statistik. Perbandingan nilai median total RIPLS antar program studi menampakkan sebaran nilai RIPLS antar program studi adalah sama dan sebanding sehingga tidak ada pengaruh latar belakang profesi terhadap kesiapan IPE. Dapat diambil kesimpulan bahwa tidak adanya perbedaan antara kesiapan mahasiswa angkatan 2020 profesi kesehatan terhadap penerapan IPE. Kata Kunci: Interprofessional Education, pendidikan interprofesi, Readiness of healthcare students for Interprofessional Learning Scale

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:16
Last Modified: 26 Dec 2022 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25351

Actions (login required)

View Item View Item