HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU DALAM MEMPERSIAPKAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Kasus di Kecamatan Rowosari, Kendal)

Puji Rosidayani, Riche (2022) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU DALAM MEMPERSIAPKAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Kasus di Kecamatan Rowosari, Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101700153_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Stunting pada balita dapat disebabkan oleh kurang tepatnya pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dalam mempersiapkan MP-ASI dengan kejadian stunting pada balita usia 6-24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 1 Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross secctional yang melibatkan 48 ibu yang memiliki anak balita di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 1 Kabupaten Kendalyang diambil secara simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam mempersiapkan MP-ASI, sedangkan untuk data stunting balita diperoleh melalui pengukuran panjang badan pada balita. Analisis dilakukan menggunakan uji Contingensy Coefficient. Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas ibu memiliki pengetahuan tinggi (75%), sikap mendukung (77,1%) serta perilaku baik (75%) dalam mempersiapkan MP-ASI. Hasil analisis bivariat hubungan pengetahuan ibu dalam mempersiapkan MP-ASI dengan kejadian stunting (p=0,000; C= 0,687), sikap ibu dalam mempersiapkan MP-ASI dengan kejadian stunting (p=0,000; C=0,661) dan perilaku ibu dalam mempersiapkan MP-ASI dengan kejadian stunting (p=0,000; C=0,687). Terdapat hubungan yang bermakna dengan keeratan hubungan kuat antara pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dalam mempersiapkan MP-ASI dengan kejadian stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 1 Kabupaten Kendal. Kata Kunci: stunting; MP-ASI; pengetahuan; sikap; perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:14
Last Modified: 03 Apr 2024 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item