KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DESA MANDIRI SAMPAH (Lokasi Studi : Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara)

AKHIS FAIZIN, MUHAMAD (2022) KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DESA MANDIRI SAMPAH (Lokasi Studi : Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31201500722_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Dalam menangani permasalahan persampahan sangat diperlukan partisipasi dari masyarakat sebagai upaya penanganan permasalahan persampahan. Salah satu cara dalam penanganan permasalahan persampahan yaitu melalui program Desa Mandiri Sampah. Desa Sekuro meerupakan salah satu Desa yang mengikuti program Desa Mandiri Sampah. Sebelumnya, masyarakat dihadapkan pada masalah meningkatnya tumpukan sampah dan tidak adanya kesadaran akan sampah. Masalah ini sangat membutuhkan perhatian terutama dalam pengelolaan bahaya dari sampah. Dalam pengelolaan sampah ini diperlukan bantuan partisipasi dari masyarakat. Dalam manajemen ini menggunakan metode 3R Reuse, Reduce, dan Recycle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi dalam pengelolaan desa mandiri sampah dengan jenis tingkat partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat. Analisa yang dilakukan dengan teori partisipasi Arnstein, dimana partisipasi masyarakat yang ada di Desa Sekuro terletak pada tangga partisipasi konsultasi/semu karena dalam pelaksanaannya masyarakat tidak dapat menikmati hasil yang diperoleh dari hasil pengelolaan persampahan yang ada. Dalam pelaksanaannya pengelolaan sampah di desa Sekuro belum tercapai secara maksimal. Hal ini dapat terjadi karena sosialisasi yang dilakukan pemerintah belum terlaksana dengan baik. Maih ditemukannya warga masyarakat yang belum mengetahui tata cara tentang pengelolaan sampahnya. Sehingga masih banyak yang belum mengoptimalkan pengelolaan sampahnya seperti masih melakukan pembakaran, dan di buang di lahan kosong seprti perkebunan dan sebagainya. Kata kunci: pengelolaan sampah, desa mandiri sampah, partisipaasi masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:10
Last Modified: 26 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item View Item