PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP KELULUSAN OSCE COMPRE 1 (Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung)

Lestari Putri, Okasyati (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS TERHADAP KELULUSAN OSCE COMPRE 1 (Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101700137_fullpdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Latar Belakang : Metode pembelajaran adalah metode pelaksanaan rencana dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran ada 3 yaitu luring daring dan campuran, masing-masing metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hasil belajar dari metode pembelajaran tersebut di assessment menggunakan OSCE untuk mata kuliah keterampilan klinis. OSCE digunakan untuk mengevaluasi pencapaian keterampilan klinis siswa setiap tahun dan memantau kemajuan siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui persentase kelulusan OSCE Compre 1 dengan metode pembelajaran luring dan campuran. Metode : Penelitian ini berjenis observasional analitik ini menggunakan rancangan cross sectional dari data rekap nilai. Skala data berupa nominal dan dilakukan Uji Fisher Exact dengan bantuan program SPSS. Subjek penelitian semua mahasiswa FK Unissula Angkatan 2015 sampai 2018 yang berjumlah sebanyak 612 mahasiswa sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung pada bulan Juli 2022. Hasil : Nilai rerata OSCE Compre 1 menggunakan metode pembelajaran luring dan campuran terdpat perbedaan (p<005). Kelulusan OSCE Compre 1 dengan metode pembelajaran luring lebih tinggi (80%) dibandingkan kelulusan dengan metode pembelajaran campuran (60%). Kesimpulan : Terdapat perbedaan nilai rerata OSCE Compre 1 dengan menggunakan metode pembelajaran luring dan metode pembelajaran campuran. Kata Kunci : OSCE Compre 1, pembelajaran luring dan campuran, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:02
Last Modified: 26 Dec 2022 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item