PERBEDAAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MASYARAKAT DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE TINGGI DAN SEDANG (Studi Observasional di Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue Kota Semarang)

Khudin, M. Islah (2022) PERBEDAAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MASYARAKAT DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE TINGGI DAN SEDANG (Studi Observasional di Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30101700104_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi akut oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti betina, yang dapat menimbulkan perdarahan dan kematian. Munculnya kejadian DBD ini berkaitan dengan karakteristik individu itu sendiri dalam melakukan tindakan pengendalian vektor. Salah satu cara yang tepat dalam mencegah penyakit DBD dengan melakukan pengendalian vektor seperti pemberantasan sarang nyamuk. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui perbedaan karakteristik individu masyarakat di daerah endemis tinggi dan di daerah endemis sedang DBD. Penelitian observasional dengan desain cross sectional dari data primer berupa kuesioner wilayah puskesmas Rowosari dan Puskesmas Kedungmundu. Kota Semarang tahun 2021. Endemisitas dikelompokan menjadi daerah endemis tinggi yakni kelurahan Kedungmundu, dan daerah endemis sedang yakni kelurahan Rowosari. Perbedaan faktor karakteristik individu yang diteliti adalah usia, pendidikan, serta status ekonomi pada masyarakat di wilayah endemis DBD. Hasil analisis perbedaan karakteristik usia dengan analisis Chi square yaitu p = 0,747 menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan anatra karakteristik individu masyarakat didaerah endemis tinggi maupun rendah DBD. Hasil analisis perbedaan pendidikan antara masyrakat daerah endemis tinggi dan sedang DBD yaitu p=0,002 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kedaunya. Begitupula dengan Status ekonomi hasil analisis uji bivariat dengan nilai p=0,001 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antar karakteristik individu didua wilayah endemis tersebut. Terdapat perbedaan yang signifikan antara karakteristik individu pendidikan dan status ekonomi pada masyarakat diwilayah endemis tinggi dan endemis sedang DBD Kota Semarang Jawa tengah. Kata Kunci: DBD, Karakteristik Individu, Pengendalian Vektor, Aedes aegypti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:01
Last Modified: 03 Apr 2024 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item View Item