HUBUNGAN IDENTITAS PROFESIONAL DAN KESIAPAN TERHADAP IPE (Studi pada Mahasiswa Baru Prodi Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung Angkatan 2020)

Arbain, Mirza Riadina (2022) HUBUNGAN IDENTITAS PROFESIONAL DAN KESIAPAN TERHADAP IPE (Studi pada Mahasiswa Baru Prodi Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung Angkatan 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30101700103_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Layanan kesehatan yang holistik merupakan pendekatan pelayanan kesehatan yang bersifat kompleks, sehingga dibutuhkan kolaborasi dari suatu tim tenaga kesehatan yang terdiri dari beberapa profesi untuk dapat menjalankannya. Menghadapi permasalahan ini, WHO telah merekomendasikan pengenalan Interprofessional Education (IPE) yaitu metode pembelajaran yang bersifat interaktif dan berbasis kelompok dalam penyampaian pemahaman tentang interpersonal, kelompok, organisasi, serta hubungan antar organisasi sebagai proses profesionalisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan hubungan identitas profesional dengan kesiapan terhadap IPE. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain cross sectional dari data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner pada mahasiswa kesehatan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2020. Indentitas profesional di tentukan dengan kuesioner Adams yang dikelompokan menjadi baik jika bila nilai >= 27 dan kurang baik jika nilai <27. Kesiapan IPE digali dengan kuesioner RIPLS yang dikategorisasikan menjadi siap jika nilai >=47 dan tidak siap jika nilai <47. Sejumlah 517 mahasiswa dari 608 mahasiswa (response rate 85%) menjadi subjek penelitian. Dari 471 responden (91%) yang memiliki kesiapan terhadap IPE baik, terdapat 446 (86,2%) yang memiliki identitas profesi baik dan 25 responden (4,8%) memiliki identitas profesi kurang baik. Dari 46 responden (9%) yang memiliki kesiapan IPE kurang baik, terdapat 38 (7,3%) yang memiliki identitas profesi baik dan 8 (1,7%) memiliki identitas profesi yang kurang baik. Hasil analisis hubungan identitas profesional dengan kesiapan terhadap IPE menggunakan uji Fisher diperoleh nilai p = 0,005. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Identitas profesional terhadap kesiapan IPE pada mahasiswa kesehatan angkatan 2020 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kata Kunci: Identitas Profesional, Interprofesional Education (IPE)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:59
Last Modified: 03 Apr 2024 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item