PENGARUH PEMBERIAN ZINC TERHADAP JUMLAH KOLONI ESCHERICHIA COLI PADA PENDERITA STROKE ISKEMIK AKUT (Studi Eksperimental pada Penderita Stroke Iskemik Akut di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

FANIATRYASARI, FANIATRYASARI (2022) PENGARUH PEMBERIAN ZINC TERHADAP JUMLAH KOLONI ESCHERICHIA COLI PADA PENDERITA STROKE ISKEMIK AKUT (Studi Eksperimental pada Penderita Stroke Iskemik Akut di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30101700058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Latar Belakang: Stroke iskemik adalah penyakit yang mengakibatkan perubahan fungsional sekunder pada organ perifer yang berdekatan dengan daerah infark termasuk sistem gastrointestinal yang diaktifasi nervus kranialis X (nervus vagus) sehingga terjadi disbiosis mikrobiota usus termasuk bakteri Escherechia Coli. Pada pasien stroke iskemik akut 57.62% mengalami defisiensi zinc yang berfungsi mempercepat regenerasi dinding epitel usus dan memodifikasi mikrobiota usus dan mempunyai hubungan dengan epitel usus, mereduksi radang pada mukosa usus dan peningkatan kekebalan inang sistem. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian zinc terhadap jumlah koloni Escherichia coli pada penderita stroke iskemik akut. Metode: Desain penelitian menggunakan post test only control group design. Sejumlah 21 penderita stroke iskemik akut dibagi ke dalam kelompok perlakuan (n=10), kelompok kontrol (n=8) serta drop out (n=3). Kelompok perlakuan diberi terapi standar stroke yang ditambah intervensi berupa zinc selama 7 hari, sedangkan kelompok kontrol hanya diberi terapi standar stroke. Setelah perlakuan, dilakukan pengambilan sampel feses dan penghitungan jumlah bakteri Escherichia coli dan dianalisis dengan uji non parametrik Mann Whitney U. Hasil: Rerata jumlah bakteri Escherichia coli pada kelompok perlakuan yaitu 652,9 ± 369,2 CFU/mL, sedangkan pada kelompok kontrol lebih rendah dengan 263,75 ± 367,5 CFU/mL. Hasil uji Mann Whitney U didapatkan tidak adanya perbedaan yang signifikan (p>0,05) terhadap jumlah bakteri Escherichia coli. Kesimpulan: Pemberian zinc tidak berpengaruh secara signifikan dalam menurunkan jumlah bakteri Escherichia coli pada penderita stroke iskemik akut di RSI Sultan Agung Semarang (RSISA). Kata Kunci: Stroke iskemik, Zinc, Escherichia Coli, Gut-Brain Axis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:57
Last Modified: 26 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item