HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN KUNJUNGAN ANC (Studi Observasi Analitik di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang)

Arisah, Uni (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN KUNJUNGAN ANC (Studi Observasi Analitik di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30101507576_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Antenatal care (ANC) menjadi bagian yang sangat penting dari kehamilan, melalui ANC beragam informasi dan edukasi mengenai kehamilan serta persiapan persalinan dapat disampaikan kepada ibu sejak dini. Keberhasilan pelaksanaan ANC dapat menurunkan angka kematian ibu (AKI). Risiko kematian ibu serta bayi termasuk dalam permasalahan kesehatan yang dihadapi banyak negara termasuk Indonesia. Risiko kematian dapat disebabkan karena faktor risiko persalinan yang bermula pada fase sebelum maupun selama kehamilan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan kunjungan ANC di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel penelitian 70 ibu hamil yang ebrada pada trimester ketiga di wilayah kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang yang di ambil secara consecutive. Analisis data dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 36 responden ibu hamil (51,40%) memiliki pengetahuan baik tentang ANC, 31 responden (44,30%) memiliki pengetahuan cukup baik tentang ANC dan 3 responden (4,30%) memiliki pengetahuan kurang baik tentang ANC. Terdapat 55 responden ibu hamil (78,60%) memiliki sikap baik terhadap ANC, 12 responden (17,10%) memiliki sikap cukup baik terhadap ANC dan 3 responden (4,30%) memiliki sikap kurang baik terhadap ANC. Terdapat 39 responden ibu hamil (55,70%) memiliki kunjungan ANC lengkap, sedangkan 31 responden (44,30%) memiliki kunjungan ANC tidak lengkap. Hubungan pengetahuan tentang ANC dengan kunjungan ANC di dapatkan p=0.537. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap tentang ANC dengan kunjungan ANC. Kata kunci: Antenatal care (ANC), Pengetahuan Ibu Hamil, Sikap Ibu Hamil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:43
Last Modified: 03 Apr 2024 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item