PENGARUH MSC HIPOKSIA TERHADAP KADAR TGF-β PADA PENYEMBUHAN LUKA FASE INFLAMASI DAN PROLIFERASI (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Galur WistarJantan yang Dieksisi pada hari ke 3, 6 dan 9)

Fatimah, Nandiah (2022) PENGARUH MSC HIPOKSIA TERHADAP KADAR TGF-β PADA PENYEMBUHAN LUKA FASE INFLAMASI DAN PROLIFERASI (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Galur WistarJantan yang Dieksisi pada hari ke 3, 6 dan 9). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30101507518_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Luka akut yang normalnya dapat sembuh dengan cepat bisa saja berubah menjadi kronis dan menghasilkan jaringan parut sehingga membutuhkan terapi alternatif. Salah satu terapi alternatifnya adalah Mesechymal Stem Cell (MSC) normoksia. Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami pengaruh MSC hipoksia terhadap kadar TGF-β pada penyembuhan luka fase inflamasi dan proliferasi. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimental post test only control group design. Sampel penelitian ini merupakan 20 ekor tikus putih jantan galur Wistar yang memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi Sampel dibagi menjadi empat kelompok berisi sham, kontrol dengan phospat buffer saline, MSC normoksia dengan dosis 1,5x106 sel, dan MSC hipoksia dengan dosis 1,5x106 sel. Analisa data menggunakan uji beda uji One Way Anova. MSC hipoksia tidak berpengaruh terhadap kadar TGF-β pada penyembuhan luka fase inflamasi dan proliferasi berdasarkan p value = 0,083. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak didapatkan pengaruh MSC hipoksia terhadap kadar TGF-β pada penyembuhan luka fase inflamasi dan proliferasi. Kata kunci : luka akut, MSC, MSC hipoksia, TGF-β

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:41
Last Modified: 03 Apr 2024 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item View Item