ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN DAN PELAYANAN FASILITAS RUANG PUBLIK ALUN-ALUN KOTA PATI MENURUT PERSEPSI PENGUNJUNG

SUGINOTO, JOKO PRIYONO (2022) ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN DAN PELAYANAN FASILITAS RUANG PUBLIK ALUN-ALUN KOTA PATI MENURUT PERSEPSI PENGUNJUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31201600840_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Seiring perkembangan pemanfaatan ruang perkembangan bentuk fisik Alun-Alun Kota Pati mengalami perubahan. Sebagaimana fungsi pemanfaatannya, Alun-Alun Kota Pati membutuhkan pengembangan fisik yang baik guna memenuhi standar kenyamanan dan pelayanan Alun-Alun sebagai ruang publik. Selain memiliki potensi restoratif, Alun-Alun Kota Pati juga mengalami beberapa masalah terkait dengan kenyamanan dan pelayanan bagi pengunjung meskipun telah mengalami revitalisasi pada tahun 2019. Ruang terbuka seperti Alun-Alun Kota Pati merupakan wadah aktivitas yang paling banyak diinginkan oleh pengguna untuk dikembangkan dan ditata agar dapat meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kenyamanan dan pelayanan ruang publik Alun-Alun Kota Pati menurut persepsi pengunjung. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif rasionalistik. Hasil penelitian menunjukan tingkat kenyamanan dan Pelayanan Alun-Alun Pati dengan konsep taman yaitu saat Weekday pagi hari yakni 82%, siang 81%, sore 78% dan malam 79%. Kemudian Tingkat kenyamanan saat Weekend pagi hari yakni 76%, Siang hari yakni 81%, Sore hari 78% dan malam 78%. Namun untuk tempat berteduh dari hujan kurang baik dan untuk penerangan pada malam hari beberapa responden menganggap masih kurang terang, penambahan ruang parkir dan jumlah kursi. Tingkat pelayanan kebersihan sudah terlayani dengan baik dan pengunjng menginginkan penambahan jumlah tempat sampah, mengingat jumlah pengnjung saat Weekend meningkat signifikan, kemudian untuk keamanan hasilnya baik hanya saja keamanan bagi penyandang difabel belum diperhatikan dan juga keamanan terhadap kejahatan. Tingkat kenyamanan dengan pengunjung tidak berhubungan atau tidak berkorelasi yang berarti pengunjung tetap datang ke Alun-Alun meskipun tidak nyaman atau nyaman. Kata Kunci: Kenyamanan, Pelayanan, Alun-Alun, Pengunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:32
Last Modified: 26 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25319

Actions (login required)

View Item View Item