PENGARUH PEMBERIAN JUS ALPUKAT (Persea americana M.) TERHADAP KADAR SOD DAN INTERLEUKIN-6 (IL-6) (Studi Eksperimental pada Tikus Jantan Wistar Yang di papar asap rokok)

Shinta, Sopia (2022) PENGARUH PEMBERIAN JUS ALPUKAT (Persea americana M.) TERHADAP KADAR SOD DAN INTERLEUKIN-6 (IL-6) (Studi Eksperimental pada Tikus Jantan Wistar Yang di papar asap rokok). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010218_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Latar Belakang : Asap rokok mengandung oksidan atau radikal bebas dan sekitar 4700 bahan kimia berbahaya. Tingginya radikal bebas di dalam tubuh memicu munculnya Reactive Oxygen Species (ROS) yang mengakibatkan stress oksidatif, hal ini dapat terjadi apabila terdapat ketidak seimbangan antara jumlah oksidan dan antioksidan. Dalam proses ini terjadi kebocoran O2 yang akan berubah menjadi radikal superoksida (*O2) yang dapat membentuk sitokin proinflamasi seperti IL- 6. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian jus alpukat terhadap kadar SOD dan kadar IL-6 pada tikus wistar jantan yang dipapar asap rokok. Metode : Penelitian ini menggunakan Post Test Only Control Group Design. Sampel diambil dari 20 ekor tikus jantan yang masuk kriteria inklusi dibagi menjadi 4 kelompok secara acak yaitu K1, K2, K3, dan K4. K3 diberikan pakan standar ditambah pemberian jus alpukat dosis 2,7 gram /hari. Sedangkan kelompok K4 diberikan pakan standar ditambah jus alpukat dosis 5,4 gram/hari. Namun keduanya diberi paparan asap rokok selama 14 hari. Pada hari ke-15, tikus wistar jantan diambil darahnya untuk melakukan pemeriksaan enzim SOD menggunakan spektrofometri dan IL-6 menggunakan ELISA. Data dianalisis menggunakan uji beda One Way Anova dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc Tukey. Hasil : Rerata kadar SOD tertinggi pada K1 dengan nilai 83,23 dan IL-6 tertinggi pada K2 dengan nilai 79,93. Uji One Way ANOVA diperoleh hasil bahwa pada masing-masing kelompok Kadar SOD dan IL-6 dengan nilai P<0,05 yang artinya terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. Kesimpulan : Pemberian jus alpukat berpengaruh terhadap peningkatan kadar SOD dan penurunan kadar IL-6. Kata Kunci : Paparan Asap Rokok, SOD, IL-6

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:48
Last Modified: 26 Dec 2022 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item