PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KELOR TERHADAP EKSPRESI GEN PDGF DAN ALPHA SMA (Studi eksperimental in vivo pada tikus Wistar yang mengalami kolagen akibat terpapar UV-B)

Lubis, Rima Arvina (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KELOR TERHADAP EKSPRESI GEN PDGF DAN ALPHA SMA (Studi eksperimental in vivo pada tikus Wistar yang mengalami kolagen akibat terpapar UV-B). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010211_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Latar Belakang : Paparan sinar ultraviolet dari matahari menyebabkan terjadinya peradangan dan akumulasi reactive oxygen species (ROS). Proses inflamasi yang berkepanjangan dapat melisiskan beberapa growth factor termasuk Platelet Derived Growth Factor (PDGF) dan Smooth muscle Actin (α-SMA), sehingga berdampak pada penurunan kolagen. Beberapa golongan senyawa aktif seperti antosianin, tanin, antraquinon dan sinamat memiliki kemampuan sebagai perlindungan terhadap sinar UV. Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang banyak mengandung senyawa antosianin. Tujuan : mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap ekspresi gen PDGF dan Alpha SMA pada tikus wistar yang mengalami penurunan kolagen. Metode : Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Subyek penelitian sebanyak 24 ekor tikus galur Wistar yang masuk kriteria inklusi dibagi menjadi 4 kelompok secara acak yaitu KS, KN, P1, dan P2. Kelompok P1 diberi perlakuan gel ekstrak Daun Kelor secara topikal dosis 5 %, sedangkan kelompok P2 diberi perlakuan ekstrak Daun Kelor secara topikal dosis 10%. Pengambilan jaringan dilakukan pada hari ke 15 setelah hari pertama pemberian perlakuan. Data dianalisis menggunakan Kruskal-Wallis Test. Hasil : Rerata ekspresi gen PDGF tertinggi pada kelompok P2 6,1000±2,85799, sedangkan rerata ekspresi gen αSMA tertinggi pada kelompok P2 2,8400±1,06243. Uji Kruskal-Wallis Test menunjukkan terdapat pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap ekspresi gen PDGF (0,001) dan Alpha SMA (0,000) pada tikus wistar yang mengalami penurunan kolagen. Kesimpulan : Pemberian ekstrak daun kelor dengan dosis 5% dan 10% berpengaruh terhadap ekspresi gen PDGF dan Alpha SMA pada tikus wistar yang mengalami penurunan kolagen. Kata Kunci : Ekstrak Daun Kelor, Ekspresi gen PDGF, dan Ekspresi gen α SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:43
Last Modified: 26 Dec 2022 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item View Item