PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH TERHADAP KADAR SERUM TNF-α DAN SERUM MALONDIALDEHIDA (Studi Eksperimental Pada Tikus Jantan Galur Wistar yang Diinfeksi Bakteri Pseudomomonas aeruginosa)

Sari, Tari Febri (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH TERHADAP KADAR SERUM TNF-α DAN SERUM MALONDIALDEHIDA (Studi Eksperimental Pada Tikus Jantan Galur Wistar yang Diinfeksi Bakteri Pseudomomonas aeruginosa). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK1914010163_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Latar Belakang : Pseudomonas aeruginosa adalah patogen utama penyebab infeksi nosokomial di Rumah Sakit, serta dapat menginfeksi luka terbuka, luka bakar hingga pneumonia nekrosis. Beberapa studi tanaman menunjukkan adanya zat antioksidan salah satunya jahe merah. Penelitian menunjukkan ekstrak jahe merah mengandung komponen bioaktif gingerol dan shogaol bersifat antioksidan dan antimikroba. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak jahe merah terhadap kadar TNF-α dan serum malondialdehida pada tikus yang diinfeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Subyek penelitian berjumlah 30 ekor tikus wistar yang dibagi acak menjadi 5 kelompok. K (-) kelompok tikus tanpa diinfeksi P.aeruginosa. K(+) kelompok tikus yang diinfeksi P.aeruginosa 108 CFU per ekor tanpa diberi ekstrak jahe merah. P1, P2 dan P3 di infeksi P.aeruginosa dan diberi ekstrak jahe merah dengan dosis 20mg, 40mg dan 80mg/KgBB/hari selama 7 hari. Hari ke 8 pemeriksaan kadar TNF-α dan MDA. Hasil Penelitian : Hasil uji One Way Anova menunjukkan perbedaan yang bermakna pada kadar TNF-α dan kadar MDA dengan nilai p=0,000. Rerata kadar TNF-α pada kelompok K(-), K(+), P1, P2, P3 adalah 5.76, 17.89, 12.29, 9.03, 7.07 pg/mL dan rerata kadar MDA adalah 1.33, 11.10, 5.09, 3.87, 3.00 mmol/mL. Hasil uji Tukey menunjukkan kadar TNF-α antar kelompok memiliki perbedaan yang signifikan pada semua kelompoknya (p=0.000) dan perbedaan yang signifikan juga pada kadar MDA (P=0,000). Kesimpulan : Ekstrak jahe merah berpengaruh terhadap penurunan kadar TNF-α dan serum MDA pada tikus yang diinfeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa. Kata Kunci : Jahe merah, Pseudomonas aeruginosa, TNF-α, MDA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:36
Last Modified: 26 Dec 2022 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item