HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BALEADI DAN WEGIL KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI

SINTYA, SINTYA (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BALEADI DAN WEGIL KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800061_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Latar Belakang : ketidaknyamanan semakin bertambah pada ibu hamil trimester III, yang dapat menimbulkan kecemasan, sehingga dukungan suami diperlukan untuk mengurangi kecemasan, prevalensi di Indonesia dilaporkan 28,7% ibu hamil trimester III yang mengalami kecemasan. Sedangkan pada masa pandemi covid-19 terjadi kenaikan yang cukup signifikan yaitu 59%. Angka kejadian positif Covid-19 di Pati yang diambil dari 8 juli 2020 terkonfirmasi positif ada 5 orang, salah satunya yaitu dari sukolilo, sehingga Menjadi zona merah. Tujuan Penelitian : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan suami terhadap kecemasan pada Ibu hamil trimester III selama pandemi Covid-19. Metode Penelitian : Penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Deskriptif Analitik dengan rancangan Cross-Sectional. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember hingga Februari 2022, Populasi dalam penelitian sejumlah 169 ibu hamil sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 34 ibu hamil trimester III di Desa Baleadi dan Wegil. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat, analisis univariat ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, sedangkan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil Peneltian : Terdapat hubungan antara dukungan suami dengan kecemasan pada ibu hamil trimester III (P Value 0,04). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara dukungan suami dengan kecemasan pada ibu hamil trimester III (P Value 0,04). Saran: bagi prodi Sarjana Kebidanan Fakultas Kedokteran UNISSULA di harapkan dapat menambahkan referensi, baik artikel maupun buku bacaan terkait dukungan suami dan kecemasan ibu hamil trimester III. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan membuat kuesioner lebih ringkas, dan dapat meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil trimester III pada masa pandemi Covid-19, seperti: keterjangkauan fasilitas kesehatan, prosedur layanan kesehatan. Bagi pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan informasi ataupun pendidikan kesehatan kepada ibu hamil tentang pentingnya dukungan suami dan lebih menekankan pada dukungan penilaian dan informasi dalam mengatasi kecemasan ibu hamil selama pandemi Covid-19. Bagi masyarakat , diharapkan suami dan masyarakat sekitar dapat memberikan dukungan kepada ibu hamil trimester III berupa dukungan emosional, penilaian, instrumental, dan informasi, agar ibu hamil tidak merasakan kecemasan dan dapat bersalin dengan normal. Kata Kunci : dukungan suami, ibu hamil, kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:31
Last Modified: 26 Dec 2022 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item