PANDANGAN PASANGAN MUSLIM TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI PUSKESMAS PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG: STUDI KUALITATIF

Ramadhani, Khuzaimah Adinda (2022) PANDANGAN PASANGAN MUSLIM TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI PUSKESMAS PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG: STUDI KUALITATIF. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800046_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama di kawasan Asia Tenggara, sedangkan menempati urutan ke-4 di dunia (Suartha, 2016). Kepadatan penduduk di Indonesia terjadi karena memiliki penduduk dengan usia produktif cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan lansia maka dengan jumlah banyaknya penduduk yang banyak bisa memiliki sumber daya manusia yang melimpah ruah (Cahyo, 2020). Pemerintah mengeluarkan upaya yang disebut Program KB. Program KB adalah program untuk membantu pasangan suami istri untuk menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, mengatur kehamilan yang dihendaki, dan mengatur jarak diantara kelahiran anak. Namun terdapat masalah pada program KB yang menyebabkan turunnya jumlah pemakaian kontrasepsi salah satunya perbedaan pandangan pada masing – masing pasangan terutama pasangan muslim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dan pandangan pasangan muslim terhadap program KB di Puskesmas Pudakpayung Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptid kualitatif dengan informan dalam penelitian ini berjumlah 2 bidan dan 10 pasangan beragama Islam dengan teknik samplingnya menggunakan teknik purposive sampling dan pengambilan datanya menggunakan teknik indepth interview. Penelitian ini menghasilkan tiga tema utama, diantaranya: 1) Pengetahuan pasangan muslim tentang program KB yaitu seluruh informan sudah mengetahui tentang program KB meliputi pengertian, manfaat, dan tujuan, 2) Landasan pasangan muslim menggunakan program KB yaitu sebagian besar informan sudah paham dasar akan adanya program KB dari pemerintah, fatwa MUI, dan juga ada di dalam Al-Qur’an dan Hadits, dan 3) Dukungan keluarga tentang program KB, 4 dari 5 pasangan muslim sebagai informan setuju dan saling mendukung dalam menjalankan program KB karena dianggap banyak manfaat yang dapat diambil dan 1 pasangan lainnya tidak setuju dengan adanya program KB karena dianggap tidak mengikuti syariat Islam. Dapat disimpulkan bahwa, sebagian besar informan dalam penelitian ini sudah mengetahui tentang program KB dan menyetujui tentang penggunaan alat kontrasepsi untuk pasangan muslim. Kata Kunci: Pandangan, Pasangan Muslim, Program KB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:24
Last Modified: 26 Dec 2022 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item