PERBEDAAN EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DAN TEKNIK RELAKSASI BENSON UNTUK MENGATASI NYERI DISMENOREA PADA SISWI SMA 01 SRAGI

Anggraeni, Ferra Febbilia (2022) PERBEDAAN EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DAN TEKNIK RELAKSASI BENSON UNTUK MENGATASI NYERI DISMENOREA PADA SISWI SMA 01 SRAGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang: Dismenore merupakan gangguan menstruasi yang menimbulkan beberapa masalah pada remaja putri terutama dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi nyeri adalah dengan teknik relaksasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan efektivitas antara teknik relaksasi nafas dalam dan teknik relaksasi Benson dalam mengatasi nyeri dismenore. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan quasi-experimental design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 responden, yaitu 24 responden yang mendapatkan intervensi relaksasi nafas dalam dan 24 responden lainnya yang mendapatkan intervensi relaksasi Benson. Uji statistik menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji Wilcoxon, dan uji Mann-Whitney dengan signifikansi 0,05. Hasil: Median intensitas nyeri sebelum teknik relaksasi nafas dalam adalah 6, dan setelah perlakuan median adalah 4. Selain itu median intensitas nyeri sebelum teknik relaksasi Benson adalah 6, dan setelah teknik relaksasi Benson adalah 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,03 < (0,05) artinya ada perbedaan yang signifikan dalam penurunan intensitas nyeri dismenorea setelah intervensi relaksasi nafas dalam dan relaksasi Benson. Kesimpulan: Terdapat perbedaan penurunan intensitas nyeri dismenore yang signifikan setelah intervensi relaksasi nafas dalam dan relaksasi Benson, sehingga dapat menggunakan pengobatan dismenore ini daripada menggunakan pengobatan lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:02
Last Modified: 26 Dec 2022 02:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item