PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA KLIKKB TERHADAP MINAT AKSEPTOR KB IUD PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN PEMALANG

Witantri, Adisa Dyah (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA KLIKKB TERHADAP MINAT AKSEPTOR KB IUD PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
32101800019_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Pandemi memberikan dampak droup-out dan peningkatan kehamilan. IUD dengan efektifitas 99,4% dapat mengendalikan jumlah penduduk dan minat masyarakat terhadap IUD yang rendah dapat diatasi dengan pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media aplikasi klikkb. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media klikkb terhadap minat akseptor KB IUD pada masa pandemi. Metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan jenis quasi ekperimen dan desain pendekatan one-group pretest posttest. Penelitian dilakukan bulan Desember - Maret 2022 dengan populasi 311 dan dan sampel yang digunakan 31. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pemberian pendidikan kesehatan dengan klikkb mayoritas responden berminat sedang dan setelah pemberian pendidikan kesehatan minat masyarakat menjadi tinggi. Terdapat pengaruh antara pemberian pendidikan kesehatan dengan media aplikasi klikkb terhadap minat akseptor KB IUD di puskesmas wilayah kabupaten pemalang dengan hasil Asymp-Sig < α (0,000 < 0,05). Dengan minat IUD yang masih rendah diharapkan pihak bidan dan BKKBN bisa melakukan sosialisasi lebih menyeluruh kepada masyarakat menggunakan media aplikasi klikkb. Kata kunci : Pendidikan kesehatan, minat, KB IUD, klikkb.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:56
Last Modified: 26 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item