ANALISIS PERBEDAAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN CORONAVAC DOSIS PERTAMA DAN KEDUA PADA MASYARAKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Banin, Syifa Audina (2022) ANALISIS PERBEDAAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN CORONAVAC DOSIS PERTAMA DAN KEDUA PADA MASYARAKAT PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101800081_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin coronavac masih banyak ditemukan di Indonesia terkhusus di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin coronavac dosis pertama dan kedua pada masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Penelitian cross-sectional menggunakan kuesioner dengan responden masyarakat Provinsi Jawa Tengah yang melakukan vaksinasi coronavac dosis pertama dan kedua. Analisis secara deskriptif statistik, kemudian dilakukan analisis perbedaan KIPI vaksin coronavac dosis pertama dan kedua dengan Dependent sample t-test. Hasil penelitian didapatkan, gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin coronavac yang paling banyak terjadi yakni nyeri otot pada dosis pertama (11,2%) dan dosis kedua (9,2%), diikuti lesu pada dosis pertama (10,1%) dan dosis kedua (8,3%), kemudian sakit disertai kelemahan pada lengan yang disuntik pada dosis pertama (8,8%) dan dosis kedua (8,6%), dan bengkak di tempat suntikan pada dosis pertama (7,5%) dan dosis kedua (7,7%). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara KIPI yang terjadi setelah vaksinasi coronavac pada dosis pertama dan kedua yang ditunjukkan dengan nilai p value yaitu 0,320 (p>.0,05). Penggunaan dosis pertama dan kedua vaksinasi coronavac tidak menghasilkan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang berbeda pada mayarakat Provinsi Jawa Tengah. Kata kunci : Covid-19, vaksin coronavac, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), WHO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:49
Last Modified: 26 Dec 2022 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25277

Actions (login required)

View Item View Item