PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN SISTEM PEMBAYARAN JKN PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DI KOTA SEMARANG

Wibowo, Dian Patmogo (2022) PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN SISTEM PEMBAYARAN JKN PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101800023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Latar belakang: Pada era JKN menggunakan sistem kapitasi dan sistem pembayaran langsung. Sistem kapitasi ini masih terdapat kendala dalam penerapannya. Masyarakat masih meragukan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui persepsi pasien terhadap pelayanan sistem pembayaran kapitasi pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kota Semarang. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan tentang persepsi pasien terhadap kualitas, jumlah, ketersediaan obat dan pembayaran obat. Responden pada penelitian ini berjumlah 200 pasien, persepsi pasien diukur menggunakan skala likert. Hasil: Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa persepsi pasien pada indikator kualitas termasuk kategori tinggi sebesar 61,5%, persepsi pasien pada indikator jumlah termasuk kategori sedang sebesar 51%, persepsi pasien pada indikator ketersediaan obat termasuk kategori tinggi sebesar 54%, dan persepsi pasien pada indikator pembayaran obat termasuk kategori tinggi sebesar 76%. Kesimpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien terhadap pelayanan sistem pembayaran JKN pada FKTP di Kota Semarang dinyatakan tinggi (3,41-4,20) pasien menilai pelayanan yang diberikan FKTP telah sesuai dengan yang diharapkan dan ditunjukkan pada hasil keseluruhan indikator persepsi pasien berdasarkan kualitas obat, jumlah obat, ketersediaan obat, dan pembayaran obat. Saran: Diharapkan penyelenggara JKN terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN serta memonitoring pelayanan kesehatan dari FKTP secara berkala terkait kualitas obat, jumlah dan ketersedian obat, dan pembayaran obat. Kata kunci: pelayanan sistem pembayaran JKN, persepsi, pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:35
Last Modified: 21 Dec 2022 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25262

Actions (login required)

View Item View Item