ANALISIS PERSEPSI PASIEN TERHADAP SISTEM PELAYANAN KAPITASI DI PUSKESMAS KABUPATEN DEMAK PADA ERA JKN

SOLAMANDA, ARIZKA AGUS (2022) ANALISIS PERSEPSI PASIEN TERHADAP SISTEM PELAYANAN KAPITASI DI PUSKESMAS KABUPATEN DEMAK PADA ERA JKN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101800014_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Sistem Pembayaran kapitasi berbasis KBK pada puskesmas membuat pasien khawatir tidak mendapatkan obat sesuai dengan resep, pasien khawatir dengan sistem kapitasi penyedia layanan tidak memberikan atau mengurangi pelayanan yang seharusnya diterima pasien karena nilai kapitasi dari fasilitas kesehatan yang rendah sehingga perlu dilakukan penelitian terkait persepsi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien BPJS Kesehatan terhadap sistem kapitasi di Puskesmas Kab. Demak. Data dikumpulkan dari dua puskesmas berbeda dengan teknik proporsionate random sampling dengan total sampel 200 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 - Juli 2022. Persepsi pasien BPJS Kesehatan puskesmas Kab. Demak di analisis melalui empat indikator yaitu kualitas obat, jumlah obat, ketersediaan obat, dan pembayaran obat dengan menggunakan instrument kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik pasien mayoritas adalah perempuan(69,5%), berusia 33 – 47 tahun (41%), tingkat pendidikan SMA/Sederajat (46,5%), bekerja sebagai ibu rumah tangga (30,5%), penghasilan 1- 2 juta (36%), status kepesertaan PBI (75,5%). Persepsi pasien BPJS Kesehatan di Kabupaten Demak pada indikator kualitas obat adalah tinggi (83,3%), indikator jumlah obat sedang (57%), indikator ketersediaan obat tinggi (75,5%), indikator pembayaran obat tinggi (71,5%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah persepsi pasien telah baik pada indikator kualitas, ketersediaan obat, dan pembayaran obat. Namun pada indikator jumlah obat yang diterima persepsi pasien masih berada pada kategori sedang/ cukup. Pihak Puskesmas Kabupaten Demak perlu melakukan upaya peningkatan peran Apoteker dalam proses konseling obat saat pasien menerima obat di Puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:21
Last Modified: 21 Dec 2022 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item View Item