HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK SWAMEDIKASI OBAT HERBAL DI KALANGAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN JEPARA

Kulsum, Ummi (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK SWAMEDIKASI OBAT HERBAL DI KALANGAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101700069_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Tingginya persentase masyarakat yang melakukan swamedikasi dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kesalahan pengobatan yang masih banyak terjadi di masyarakat. Pada masa pandemi Covid-19, melakukan praktik swamedikasi tidak hanya menggunakan obat modern saja, tetapi juga dapat menggunakan obat herbal atau obat tradisional. Informasi atau tingkat pengetahuan masyarakat mengenai obat herbal masih minim karena terbatas hanya mengenai jamu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan praktik swamedikasi obat herbal di kalangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil sebanyak 272 responden dan 30 responden awal digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling menggunakan kuesioner online google form. Kuesioner terdiri dari 15 item tingkat pengetahuan, 10 item sikap, dan 4 item praktik swamedikasi obat herbal. Analisis statistik menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian menunjukkan 19,1% responden dengan kategori tingkat pengetahuan baik, 66,2% responden kategori cukup dan 14,7% responden kategori kurang. Hasil penelitian katagori sikap yaitu baik 66,9 % responden dan buruk 33,1 % responden. Sedangkan hasil katagori praktik menunjukkan 67,3% responden dengan katagori baik dan 32,7% responden dengan katagori buruk. Didapatkan hasil tingkat pengetahuan dengan sikap (0.563**), tingkat pengetahuan dengan praktik (0.420**), dan sikap dengan praktik (0.489**). Sehingga didapatkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan praktik swamedikasi obat herbal dikalangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 Kabupaten Jepara. Diharapkan Kabupaten Jepara dan instansi terkait lebih mengedukasi masyarakat tentang swamedikasi obat herbal agar semakin meningkat tingkat pengetahuan masyarakat sehingga dapat meningkatkan sikap dan praktik swamedikasi obat herbal Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Sikap, Praktik Swamedikasi Obat Herbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:14
Last Modified: 21 Dec 2022 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item