PENGARUH KRIM EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea) TERHADAP PERSENTASE TRANSMISI ERITEMA, PIGMENTASI DAN REAKSI PADA KULIT KELINCI YANG TERPAPAR SINAR UV B

Fatmawati, Tri Puji (2022) PENGARUH KRIM EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea) TERHADAP PERSENTASE TRANSMISI ERITEMA, PIGMENTASI DAN REAKSI PADA KULIT KELINCI YANG TERPAPAR SINAR UV B. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101700063_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)

Abstract

Paparan sinar UV pada kulit dalam jangka waktu lama memicu terbentuknya ROS di fibroblast dan keratinosit sehingga muncul berbagai gangguan dermatologis seperti eritema, keriput, dan pigmentasi. Bunga telang mengandung asam fenolik dan flavonoid yang tinggi utamanya antosianin sebagai senyawa pigmen. Cincin aromatik dalam senyawa tersebut mampu menyerap radiasi UV, sehingga berpotensi sebagai agen tabir surya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh krim terhadap %TE %TP dan efek eritema kulit kelinci yang dipapar sinar UVB. Penelitian dimulai dengan ekstraksi, pembuatan krim, uji sifat fisik, kemudian uji nilai %TE %TP secara in vitro dan pengukuran skor eritema secara in vivo. Pengamatan efek eritema kulit kelinci setelah pemaparan sinar UVB diukur menggunakan jangka sorong kemudian dikategorikan dalam bentuk skor. Analisis data menggunakan kruskall wallis dan dilanjutkan Mann-Whitney. Hasil uji %TE %TP menunjukkan perbedaan bermakna (p≤0,05) dengan nilai %TE terbaik yaitu pada F3 (10%) 0,473 dan %TP pada F3 (10%) 4,156. Uji efek eritema yang diinduksi UVB dengan hasil skor eritema 0 terdapat pada kelompok F2 dan F3. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa krim ekstrak bunga telang berpengaruh terhadap %TE %TP dan efek eritema kulit kelinci yang dipapar sinar UVB sehingga berpotensi dijadikan tabir surya dan efektivitas paling besar terdapat pada formula III konsentrasi 10%. Kata kunci : Bunga telang (Clitoria ternatea), antosianin, tabir surya, %TE %TP, eritema.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:08
Last Modified: 20 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item