UJI SIFAT FISIK DAN UJI DAYA ANTISEPTIK GEL HAND SANITIZER EKSTRAK ETANOLIK KULIT BUAH KAKAO (Theobroma kakao L.) TERHADAP Escherichia coli ATCC 25922

Masyithoh, Shabrina (2022) UJI SIFAT FISIK DAN UJI DAYA ANTISEPTIK GEL HAND SANITIZER EKSTRAK ETANOLIK KULIT BUAH KAKAO (Theobroma kakao L.) TERHADAP Escherichia coli ATCC 25922. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101700058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki masalah utama kesehatan seperti diare yang disebabkan oleh patogen Escherichia coli yang ditularkan melalui kontak tangan secara langsung. Kulit buah kakao mengandung senyawa tanin, flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sifat fisik dan aktivitas antiseptik ekstrak etanolik kulit buah kakao (Theobroma cacao L.) terhadap Escherichia coli dalam sediaan gel berbasis Carbopol. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental dengan rancangan Post Test Only Control Group Design dengan analisis data Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Uji sifat fisik sediaan yang dilakukan yaitu uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar dan uji viskositas. Dilakukan uji aktivitas antiseptik dengan melihat daya hambat terhadap bakteri Escherichia coli pada beberapa kelompok antara lain sediaan gel hand sanitizer kulit buah kakao 10%, kelompok kontrol negatif dan kelompok kontrol positif. Hasil uji organoleptis dan homogenitas berbentuk gel kental, berwarna coklat, bau khas kulit buah kakao, tidak terdapat butiran halus dengan pH 4,88, memiliki daya sebar 5,8 cm dan uji viskositas 19140 cps. Sediaan gel mempunyai aktivitas antiseptik kategori sedang dengan diameter daya hambat sebesar ± 7,53 mm dan hasil analisis data menunjukkan perbedaan signifikan (p>0,05) pada sediaan gel 10% dengan kontrol positif dan negatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sediaan gel hand sanitizer kulit buah kakao (Theobroma cacao L.) memenuhi parameter sifat fisik sediaan gel dan memiliki aktivitas antiseptik terhadap Escherichia coli, Kata kunci: Kulit buah kakao (Theobroma cacao L.), Gel, Antiseptik, Diare, Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:08
Last Modified: 20 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25251

Actions (login required)

View Item View Item