COST EFFECTIVENESS ANALYSIS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK LEVOFLOXACIN DAN CEFTRIAXONE UNTUK MENGATASI PENYAKIT PNEUMONIA DI INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Aoralia, Serlin (2022) COST EFFECTIVENESS ANALYSIS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK LEVOFLOXACIN DAN CEFTRIAXONE UNTUK MENGATASI PENYAKIT PNEUMONIA DI INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101700057_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Pneumonia adalah infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli) yang dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti virus, jamur, bakteri, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik dari paru-paru, maupun pengaruh tidak langsung dari penyakit lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai cost effectiveness antibiotik Levofloxacin dan antibiotik Ceftriaxone di RSI Sultan Agung Semarang. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif dari rekam medis pasien, Instalasi Farmasi dan Bagian Keuangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021-Maret 2022. Data biaya meliputi total biaya medik di Rumah Sakit / healtcare perspective (biaya administrasi, biaya obat, biaya ruangan rawat inap, biaya pemeriksaan dokter, dan biaya laboratorium) dan total biaya dari pasien UMUM, JKN PBI, JKN NON PBI, KEMENKES. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil semua pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yaitu 120 pasien. Hasil menunjukkan nilai rata-rata lama rawat inap pneumonia yang menggunakan antibiotik Levofloxacin adalah 5,27 hari total biaya Rp 5.032.283,333,- dengan nilai ACER Rp 985.826,340/hari lebih tinggi dibandingkan rata-rata inap pada Pneumonia yang menggunakan obat antibiotik Ceftriaxone adalah 5,16 hari total biaya Rp 3.578.852,777,- dengan nilai ACER Rp 651.761,707/hari. Untuk membandingkan efektivitas biaya pengobatan Pneumonia berdasarkan hasil analisis uji beda nilai ACER antar 2 jenis obat antibiotik menggunakan Uji Mann Whitney diperoleh sig sebesar 0.000 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata ACER yang signifikan antara biaya terapi antibiotik Ceftriaxone dibandingkan Levofloxacin. Dapat disimpilkan Berdasarkan hasil penelitian pengobatan pneumonia yang menggunakan terapi antibiotik Ceftriaxone lebih cost effective dibandingkan dengan antibiotik Levofloxacin Kata Kunci: ACER, CEA, Ceftriaxone, Levofloxacin, Pneumonia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:07
Last Modified: 20 Dec 2022 08:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25250

Actions (login required)

View Item View Item