HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR MUDA KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Andriyani, Zulfa Nursyinta (2022) HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR MUDA KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800066_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Tingginya pernikahan dini dapat meningkatkan laju pertumbuhan penduduk. Selain itu, pernikahan dini menimbulkan kehamilan dan persalinan dini yang berdampak pada berbagai masalah kesehatan ibu dan anak. Secara menyeluruh perempuan yang menikah pada usia dini lebih tidak patuh dalam penggunaan alat kontrasepsi sehingga terjadi kegagalan sebanyak 36-80%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan sikap dan perilaku penggunaan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur muda (<20 tahun). Penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Pengambilan data dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji spearman. Hasil penelitian menunjukkan dari 31 responden (100%), responden yang memiliki sikap positif terhadap penggunaan alat kontrasepsi lebih banyak berperilaku positif yaitu sebanyak 14 orang (87,5%) dibanding responden yang berperilaku negatif yaitu sebanyak 2 orang (12,5%). Pada responden yang bersikap negatif terhadap penggunaan alat kontrasepsi mayoritas responden berperilaku negatif sebanyak 11 orang (73,3%) dan minoritas berperilaku positif sebanyak 4 orang (26,7%). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan sikap dan perilaku penggunaan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur muda (<20 tahun) dengan p-value (α ≤ 0,05) yaitu 0,00 dan hasil uji spearman menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,616. Penelitian ini menunjukkan bahwa sikap dan perilaku penggunaan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur muda (<20 tahun) memiliki hubungan signifikan. Kata kunci: kontrasepsi, perilaku, PUS muda, sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:02
Last Modified: 20 Dec 2022 08:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25244

Actions (login required)

View Item View Item