PENGARUH SENAM HAMIL BERBASIS MUSIK RELIGI TERHADAP KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG

Alfiani, Romayana (2022) PENGARUH SENAM HAMIL BERBASIS MUSIK RELIGI TERHADAP KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800059_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Latar Belakang dalam penelitian ini yaitu, Kecemasan pada ibu hamil di masa pandemi COVID-19 adalah perasaan tidak nyaman atau kecemasan yang disertai dengan respons otonom (sering kali tidak diketahui atau tidak diketahui asalnya pada individu). Di Indonesia terdapat Hampir 76,8% ibu Hamil TM III Indonesia hamil yang mengalami kecemasan dalam menghadapi persalinan. Terapi untuk mengurangi kecemasan salah satunya yaitu senam hamil berbasis musik religi karena musik dapat melemaskan otot-otot jiwa dan saraf sehingga pendengarnya akan merasa lebih tenang. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Senam Hamil berbasis musik religi Terhadap Kecemasan Ibu Hamil Trimester III Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy eksperimental dengan menggunakan bentuk rancangan control group pretest dan posttest. Sampel pada penelitian ini Pada kelompok kontrol tidak diberikan musik religi selama 1 minggu 2 kali dengan responden 13 ibu hamil pada kelompok kontrol dan pada ibu hamil pada kelompok intervensi . Hasil Penelitian dalam penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sebelum mendengarkan terapi musik religi memiliki kecemasan berat yaitu 15 responden dan tidak ada kecemasan 0 responden. Rata-rata ibu hamil setelah mendengarkan terapi musik religi memiliki kecemasan ringan pada kelompok intervensi yaitu 5 responden (36,2) dan tidak ada kecemasan sama sekali yaitu 10 responden (63,8). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian senam hamil berbasis musik religi terhadap kejadian kecemasan pada ibu hamil TM III di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang dengan nilai p=0,002 <  =0,05. serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III yaitu dengan tidak menggunakan musik religi. Di harapkan penelitian harus digunakan di masa depan sehingga temuan dapat diekstrapolasi ke populasi yang lebih luas. Para peneliti didorong untuk menggunakan berbagai metode penelitian, termasuk gerakan senam, dan memberikan perawatan olahraga kepada responden ibu hamil. Kata Kunci : kecemasan, senam hamil berbasis musik religi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:59
Last Modified: 20 Dec 2022 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item