PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA HIJAU DAN MADU TERHADAP TINGKAT DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI PONPES AN-NUR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

Febriyani, Risa (2022) PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA HIJAU DAN MADU TERHADAP TINGKAT DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI PONPES AN-NUR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800057_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Latar belakang : Dismenore yang dialami oleh remaja putri memiliki banyak dampak bagi kehidupan sehari-hari sehingga diperlukan penanganan untuk mengurangi tingkat dismenore tersebut, salah satunya menggunakan air kelapa hijau dan madu. Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan penurunan tingkat dismenore antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada remaja putri di Ponpes An-Nur Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Metode : Jenis penelitian yaitu kuantitatif menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan pretest – posttest with control grup design. Penelitian dilaksanakan mulai Bulan November 2021 - Maret 2022. Populasi dan sampel penelitian ini 30 remaja putri di Ponpes An-Nur Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi, 30 responden dibagi menggunakan gulungan acak menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner Numeric Rating Scale. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat, analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian : Hasil penelitian terdapat perbedaan penurunan tingkat dismenore yang tidak signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada remaja putri di Ponpes An-Nur Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara (p value = 0.303). Kata kunci : air kelapa hijau, dismenore, madu, remaja putri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:55
Last Modified: 20 Dec 2022 07:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item